Sempat Dikabarkan Milik China, TNI Ungkap Belum Tahu Asal Usul Seaglider yang Ditemukan di Selayar

KSAL mengungkapkan bahwa seaglider sejauh ini hanya dimiliki sejumlah negara, di antaranya China, Amerika Serikat, Perancis, Kanada, hingga Jepang


zoom-inlihat foto
drone-bawah-laut-atau-seaglider-2.jpg
(TRIBUNBATAM.id/AMINUDDIN)
Drone bawah laut atau seaglider yang terjaring oleh nelayan di lepas pantai Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan pada Desember 2020


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Misteri penemuan benda diduga drone laut di Kepulauan Selayar Selatan, Sulawesi Selatan kini mulai menemuai titik terang.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memastikan bahwa benda diduga drone laut yang ditemukan di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan tersebut adalah seaglider.

"Saya akan sampaikan tentang alat atau seaglider yang kemarin ditemukan oleh nelayan Desa Najapahit, Selayar, yang mana dari temuan tersebut saya bawa ke Hidrosal, karena di sini adalah lembaga yang berkompeten untuk meneliti adanya peralatan tersebut," ujar Yudo dalam konferensi pers dikutip dari Kompas TV, Senin (4/1/2021).

Sebelumnya diketahui benda berbentuk roket tersebut ditemukan oleh oleh nelayan setempat, Saehuddin, pada 20 Desember 2020.

Saehuddin menjaring benda ini ketika tengah memancing.

Setelah membawa benda ini, Saehuddin selanjutnya membawa kerangka benda tersebut ke daratan dan kemudian diserahkan kepada Koramil Pasimarannu, Kodim 1415 Kepulauan Selayar.

Baca: Nelayan Temukan Drone Laut di Pantai Selayar, KSAL : Itu adalah Seaglader

Ciri-ciri

Setelah diamankan petugas setempat, benda tersebut saat ini sudah dikirim ke Jakarta untuk diteliti oleh Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal).

Dari hasil pemeriksaan sementara, seaglider ini terbuat dari bahan alumunium.

Benda ini juga memiliki kerangka dua sayap dengan diameter masing-masing berukuran 50 sentimeter.





Halaman
1234
Penulis: Amy Happy Setyawan
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved