Jet Tempur Buatan Prancis Tiba di India, Menhan: Bisa Bikin Khawatir Pengancam Integritas Wilayah

Jadi Importir Senjata Terbesar di Dunia, India Borong Jet Tempur Prancis, Sudah Sampai di Pangkalan


zoom-inlihat foto
jet-tempur-mig-29-milik-angkatan-udara-india-iaf.jpg
AFP / SAM PANTHAKY
ILUSTRASI Jet Tempur Baru India ---- Jet tempur MiG-29 milik Angkatan Udara India (IAF) yang belum lama ini diperbarui dengan penambahan instrumen terbaru.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Para pejabat India mengatakan jet tempur Rafale buatan Prancis sudah tiba di Pangkalan Angkatan Udara India (IAF), seperti diberitakan Al Jazeera, Rabu (29/7/2020).

India yang dikenal sebagai importir senjata terbesar, memang tengah memodernisasi kekuatan militer mereka.

Apa lagi ketika India bersinggungan dengan Pakistan dan China.

Pesawat-pesawat itu mendarat di pangkalan udara di Ambala, Haryana, di tengah pengamanan yang ketat, Rabu (29/7/2020).

Polisi dan tentara menutup jalan menuju pangkalan itu, melarang fotografi dan memberlakukan larangan pertemuan lebih dari empat orang, kata perwira polisi Abhishek Jorwal.

"Burung-burung telah mendarat dengan selamat di Ambala," kata Menteri Pertahanan India Rajnath Singh lewat Twitter milknya.

ILUSTRASI - Jet tempur SU-30SM dan MiG-29 milik Rusia terbang dalam sebuah parade militer, (24/6/2020). India akan segera memiliki MiG-29
ILUSTRASI - Jet tempur SU-30SM dan MiG-29 milik Rusia terbang dalam sebuah parade militer, (24/6/2020). India akan segera memiliki MiG-29 (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Baca: AS dan India Gelar Latihan Militer Bersama, Ahli: Mereka Sama-sama Targetkan China

Singh mengatakan kemampuan baru India ini mampu membuatkhawatir pihak yang mengancam integritas India.

"Jika ada yang perlu khawatir atau kritis tentang kemampuan baru ini ... itu harus mereka yang ingin mengancam integritas wilayah kita," lanjutnya.

Sebelumnya, jet buatan Dassault Aviation ini diujicobakan oleh petugas IAF ketika lepas landas dari Merignac, Prancis, Senin lalu.

Jet tempur ini menjadi bagian dari kesepakatan 9,4 miliar dolar dengan Prancis pada 2016.

Pesawat itu akan dikenalkan secara resmi pada pertengahan Agustus mendatang.

Pengimpor senjata terbesar di dunia

FOTO HANYA ILUSTRASI jet tempur pepet pesawat komersial A C-135 (depan), jet tempur Mirage 2000-5 (C) dan empat jet tempur Rafale B terbang di atas Paris sebagai bagian dari parade militer Hari Bastille tahunan pada 14 Juli 2020. Prancis memiliki versi tradisional yang dikurangi Parade Hari Bastille tahun ini karena langkah-langkah keamanan atas pandemi COVID-19 (novel coronavirus), dan dengan perayaan hari nasional negara itu termasuk penghormatan kepada pekerja kesehatan dan yang lain yang memerangi wabah tersebut.
FOTO HANYA ILUSTRASI jet tempur pepet pesawat komersial A C-135 (depan), jet tempur Mirage 2000-5 (C) dan empat jet tempur Rafale B terbang di atas Paris sebagai bagian dari parade militer Hari Bastille tahunan pada 14 Juli 2020. Prancis memiliki versi tradisional yang dikurangi Parade Hari Bastille tahun ini karena langkah-langkah keamanan atas pandemi COVID-19 (novel coronavirus), dan dengan perayaan hari nasional negara itu termasuk penghormatan kepada pekerja kesehatan dan yang lain yang memerangi wabah tersebut. (Zakaria ABDELKAFI / AFP)

Baca: Terjadi Pergeseran Geopolitik, Nigeria dan India Diprediksi Bakal Jadi Saingan Utama AS dan China

India telah menjadi importir senjata terbesar di dunia karena memodernisasi militernya.

Kementerian pertahanan India pada 2 Juli menyetujui pembelian 21 pesawat tempur MiG-29 Rusia dan 12 Sukhoi Su-30MKI seharga $ 2,43 miliar untuk menggantikan senjata era Soviet yang sudah usang.

Kesepakatan pertahanan itu terjadi di tengah ketegangan yang meningkat di sepanjang perbatasan yang diperdebatkan dengan China di Ladakh, di mana New Delhi telah mengirim bala bantuan jet tempur dan peralatan militer setelah pertempuran satu lawan satu antara tentara India dan Cina pada 15 Juni yang menewaskan 20 orang India.

Para pejabat militer dan diplomat India dan Cina telah mengadakan beberapa putaran pembicaraan yang bertujuan mencapai solusi, tetapi kebuntuan terus berlanjut.

Selain itu, pasukan India secara teratur bentrok dengan tentara Pakistan di sepanjang perbatasan de facto mereka di Kashmir yang disengketakan, yang juga diklaim oleh Pakistan.

ILUSTRASI Perbatasan India-China ---- Perdana Menteri India, Narendra Modi, berjalan bersama komandan militer setelah dirinya sampai di Leh, Ladakh (3/7/2020). Ini adalah kunjungan pertamanya di tempat itu sejak terjadinya bentrok berdarah antara pasukan India dan China bulan lalu.
ILUSTRASI Perbatasan India-China ---- Perdana Menteri India, Narendra Modi, berjalan bersama komandan militer setelah dirinya sampai di Leh, Ladakh (3/7/2020). Ini adalah kunjungan pertamanya di tempat itu sejak terjadinya bentrok berdarah antara pasukan India dan China bulan lalu. (HANDOUT / PIB / AFP)

Baca: Rusia dan AS ‘Berlomba’ untuk Menjual Senjata ke India di Tengah Memanasnya Konflik India-China

Pada 2016, lima penyerang dan tiga tentara India tewas dalam pertempuran lebih dari 14 jam dalam serangan di pangkalan angkatan udara India di Pathankot di negara bagian Punjab yang berdekatan.

India menyalahkan pejuang Pakistan atas serangan itu.

Sementara Pakistan mengutuk serangan itu, menyebutnya sebagai insiden "teroris".

Hubungan India dengan tetangganya, Pakistan, mencapai titik terendah sejak Agustus lalu ketika India mencabut status kewarganegaraan dan semi-otonomi dari bagian Kashmir yang dikuasainya.

India dan Pakistan telah berperang dua kali untuk menguasai wilayah Himalaya sejak Inggris memberi mereka kemerdekaan dari kekuasaan kolonial pada tahun 1947.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Nur)





ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved