Cek Daftar Nama Jemaah Haji Reguler yang Berhak Berangkat Tahun 2022

Kementerian Agama menyiarkan daftar jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun 2022, cek di sini


zoom-inlihat foto
kabah.jpg
pontianak.tribunnews.com
Ilustrasi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Akhirnya Kementerian Agama menyiarkan daftar jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun 2022.

Hal ini diinformasikan melalui siaran pers, Senin (9/5/2022), seperti dikutip dari Kompas.

Perilisan daftar nama jemaah haji ini dilaksanakan oleh  Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama.

“Saya minta, jemaah yang sudah ditetapkan berhak berangkat tahun ini segera mempersiapkan diri dengan baik. Jangan lupa melakukan konfirmasi keberangkatan pada bank tempat mendaftar,” ujar Direktur Jenderal PHU Hilman Latief.

Sebagai informasi, verfikasi dilakukan untuk memastikan seluruh jemaah yang berangkat memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Syarat itu yakni seluruh jemaah yang berangkat berusia paling tinggi 65 tahun per tanggal 30 Juni 2022 serta sudah menerima vaksinasi Covid-19.

Baca: Calon Jemaah 2020 Tak Akan Tanggung Kenaikan Biaya Perjalanan Haji 2022 Sepeser Pun

Baca: Pemerintah dan DPR Sepakati Biaya Perjalanan Haji 2022 Sebesar Rp 39,8 Juta

Berikut adalah link untuk mengecek daftar nama jemaah haji yang akan berangkat tahun 2022 dapat mengunjungi web atau KLIK DI SINI.

Sebelumnya telah diberitakan, - Pemerintah Arab Saudi sempat menutup akses ibadah haji bagi negara-negara lain sejak Pandemi Covid-19 melanda.

Kini setelah kasus Covid-19 mulai melandai, pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah haji di tahun 2022, termasuk ke Indonesia.

Para jemaah melakukan thawaf.
Para jemaah melakukan thawaf. (KOMPAS.com/Mela Arnani)

Arab Saudi memberikan kuota haji tahun 1443 H/2022 M ke Indonesia sebanyak 100.051 jemaah, terdiri dari 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief menjelaskan, penentuan kuota haji tahun ini dilakukan secara berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Besaran kuota haji reguler dan khusus sudah ditentukan sejak awal oleh Pemerintah Arab Saudi melalui sistem e-Haj Saudi.

"Pemberian kuota haji tahun 1443 H/2022 M tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu melalui penandatangan MoU antardua negara yang diwakilkan oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dan Menteri Agama RI. Namun, kuota diberikan secara langsung oleh Pemerintah Arab Saudi melalui e-Haj," kata Hilman melalui keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Penentuan kuota pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M ini bersifat mandatori dari Kementerian Haji Arab Saudi.

Penetapan kuota haji dalam suasana pandemi ini baru diterbitkan pada pertengahan April.

Baca: Arab Saudi Bakal Denda Rp 38 Juta untuk Siapa Saja yang Umrah Tanpa Izin

Baca: Cara Mudah Membuat Paspor untuk Umrah Secara Online dan Offline beserta Persyaratannya

Informasi kepastian kuota haji tahun ini sudah sangat mepet, karena biasanya pembahasan MoU sudah dilakukan sejak bulan Desember tahun sebelumnya.

Kuota jemaah yang ditetapkan Saudi tahun ini lebih sedikit dari asumsi kuota yang dibahas bersama DPR, saat rapat biaya penyelenggaraan ibadah haji pada pertengahan April lalu.

"Namun kami tetap syukuri, tahun ini ada jemaah haji Indonesia yang bisa diberangkatkan ke tanah suci untuk ibadah haji," tuturnya.

Kuota haji untuk yang sudah lunas

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menetapkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1443 H/2022.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved