Soal Boleh atau Tidaknya Mudik Lebaran 2021, Menhub Budi: Belum Diputuskan

Menhub Budi menyebut pihaknya sedang berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan kementerian terkait.


zoom-inlihat foto
Menhub-Budi-6.jpg
Tribunnews
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) melakukan inspeksi armada bus sebelum melakukan seremoni pembukaan acara Sumatera Roadshow with PerpalZ TV, di Jakarta, Minggu (14/3/2021). Budi mengatakan belum ada keputusan soal boleh atau tidaknya mudik lebaran tahun ini.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara soal pelarangan atau pembolehan mudik lebaran tahun 2021.

Dia mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini belum memutuskan boleh atau tidaknya mudik lebaran.

Menhub Budi menyebut pihaknya sedang berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan kementerian terkait soal langkah antisipasi mudik lebaran.

Kementerian terkait dan Satgas Covid-19, kata Budi, nantinya akan memberikan arahan.

“Kemenhub tidak bisa melarang atau mengizinkan mudik, karena harus dikoordinasikan dengan Kementerian/Lembaga terkait dan Satgas Covid 19, yang nanti akan memberikan arahannya,” kata Budi, Rabu (17/3/2021).

Budi mengatakan koordinasi diperlukan sebagai langkah antisipasi dalam rangka mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di tanah air

Baca: Beda dengan Tahun Lalu, Kemenhub Pastikan Tak Ada Larangan Mudik Lebaran 2021

Baca: Kabar Gembira Mudik Lebaran 2021 Tidak akan Dilarang, Ada 5 Kebijakan yang Dikeluarkan Kemenhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres revitalisasi Terminal Harjamukti dan uji coba kendaraan uji kir keliling (non statis), Sabtu (13/3).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres revitalisasi Terminal Harjamukti dan uji coba kendaraan uji kir keliling (non statis), Sabtu (13/3). (Tribunnews)

Dalam rangka mengantisipasi adanya lonjakan penumpang pada masa mudik lebaran tahun ini, protokol kesehatan dan tracing harus diterapkan secara ketat kepada masyarakat yang bepergian.

Budi menjelaskan pihkanya tengah berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait untuk memperketat syarat perjalanan, yaitu dengan mempersingkat masa berlaku alat skrining (penyaringan) Covid 19 seperti  GeNose, Rapid Test atau PCR Test.

Penerapan protokol kesehatan lainnya yang juga akan diperketat seperti  memakai masker, melaksanakan jaga jarak, melakukan disinfektasi prasarana/sarana, pemberlakuan pembatasan penumpang dan pengaturan jadwal layanan.

Budi mengatakan telah bekerja sama dengan media nasional untuk melakukan survei nasional tentang potensi pemudik pada lebaran 2021 yang akan menjadi rekomendasi pelaksanaan angkutan lebaran tahun ini.





Halaman
123
Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: haerahr






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved