Kemenhub Bakal Gunakan GeNose di Bandara dan Pelabuhan

Budi Karya Sumadi sebut penyediaan GeNose bisa menjadi solusi untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan deteksi covid-19 dengan harga terjangkau


zoom-inlihat foto
tes-genose.jpg
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA via Kompas.com
Rencananya, alat pendeteksi virus corona berbasis hembusan napas atau GeNose mulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir pekan ini secara acak.


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan menggunakan alat penceteksi virus corona, GeNose di bandara dan pelabuhan.

Hal ini dilakukan guna mencegah penularan covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penyediaan GeNose bisa menjadi solusi untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan deteksi covid-19 dengan harga terjangkau.

Rencananya, alat pendeteksi virus corona berbasis hembusan napas mulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir pekan ini secara acak.

“Sementara, untuk di sektor udara akan mulai diterapkan pada 1 April 2021 mendatang karena ada beberapa hal yang harus dibahas lebih lanjut secara teknis operasionalnya,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021) dikutip dari Kompas.com.

Budi menjelaskan, penerapan pemeriksaan melalui GeNose di sektor kereta api bisa menjadi pelajaran baik bagi sector perhubungan laut dan udara.

Baca: Dicopot karena Kasus Kerumunan Rizieq, Bayu Meghantara Malah Dilantik Anies Jadi Kabiro ORB DKI

Baca: ITS Ciptakan I-Nose, Alat Pendeteksi Covid-19 Lewat Bau Ketiak, Hasil Keluar dalam 2 Menit

Tes GeNose Covid-19 Dilayani di Beberapa Stasiun Kereta Api
Tes GeNose Covid-19 Dilayani di Beberapa Stasiun Kereta Api (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA via Kompas.com)

“Di kereta api, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose,” ujarnya.

Saat ini penggunaan GeNose sebagai syarat perjalanan sudah dilakukan di moda transportasi darat.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyatakan, hingga saat ini GeNose sudah diterapkan di 8 stasiun kereta api, yaitu, Stasiun Senen dan Gambir di Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Solo Balapan, Yogyakarta Tugu dan Surabaya Pasar Turi.

Rencananya, penggunaan GeNose akan terus ditambah hingga ke 44 stasiun kereta api yang ada di Jawa dan Sumatera.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved