Pertama Masuk Bursa Capres 1987, Joe Biden Dilantik Jadi Presiden Amerika 34 Tahun Kemudian

Semua butuh perjuangan panjang, seperti Joe Biden yang terpilih sebagai Presiden setelah memulai upayanya pada 34 tahun silam.


zoom-inlihat foto
Presiden-AS-Joe-Biden-mengambil-sumpah-presiden-selama-upacara-virtual-di-Ruang-Makan.jpg
JIM WATSON / AFP
Presiden AS Joe Biden mengambil sumpah presiden selama upacara virtual di Ruang Makan Negara Gedung Putih di Washington, DC, setelah dilantik di US Capitol pada 20 Januari 2021.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Politisi Partai Demokrat, Joe Biden, resmi menjabat sebagai Presiden AS sejak Rabu (20/1/2021).

Acara pelantikannya membawa tema "America United."

"(Tema itu mencerminkan) perjalanan nasional baru yang memulihkan jiwa Amerika, menyatukan negara dan menciptakan jalan menuju masa depan yang lebih cerah," menurut panitia pelantikan Biden-Harris.

Akan tetapi jalan Joe Biden menjadi orang nomor 1 di AS bukanlah hal yang mudah.

Mantan Wakil Presiden dan senator dari Delaware itu perlu tiga kali mencoba sebelum akhirnya memenangkan kursi kepresidenan pada November.

Karier Politik Panjang, Pertama Masuk Bursa Capres pada 1987

Setelah lulus dari sekolah hukum, Biden kembali ke Delaware untuk bekerja sebagai pengacara sebelum dengan cepat beralih ke politik, bertugas di dewan county Castle Baru dari 1970 hingga 1972.

Dia terpilih menjadi Senat AS pada tahun 1972 pada usia 29, menjadi senator termuda kelima dalam sejarah.

Meskipun ia bermaksud menunda karier politiknya, Biden dibujuk untuk bergabung dengan Senat pada tahun 1973, dan ia terus memenangkan pemilihan ulang enam kali, menjadi senator terlama di Delaware.

Biden memenangkan pemilihan ulang pada tahun 1978 dan lima kali setelah itu.

Baca: Resmi Jadi Presiden Ke-46 Amerika, Joe Biden Digaji 3 Kali Lebih Rendah Dibanding PM Singapura

Baca: Dilantik, Joe Biden Bakal Akhiri Muslim Travel Ban, Beri Jalan Jutaan Migran yang Tak Punya Dokumen

Presiden AS Joe Biden memeluk istrinya Dr. Jill Biden dan anak-anaknya Hunter dan Ashley Biden setelah dia dilantik di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Sebagai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan menerima gaji sebesar
Presiden AS Joe Biden memeluk istrinya Dr. Jill Biden dan anak-anaknya Hunter dan Ashley Biden setelah dia dilantik di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Sebagai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan menerima gaji sebesar (Caroline Brehman-Pool / Getty Images / AFP)

Secara keseluruhan, ia menghabiskan 36 tahun di Senat AS, termasuk delapan tahun sebagai ketua Komite Kehakiman dan empat tahun sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri.

Meskipun pada umumnya mendukung hak-hak sipil, Biden menentang pemindahan paksa siswa untuk mengakhiri pemisahan secara de facto.

Belakangan, ia memimpin persidangan konfirmasi pertentangan calon Mahkamah Agung AS Robert Bork dan Clarence Thomas.

Biden juga bekerja untuk melestarikan iklim perusahaan yang menguntungkan Delaware.

Juga melegitimasi terhadap kekerasan dalam rumah tangga dan membuat undang-undang anti-kejahatan yang memberikan 100.000 polisi lebih banyak di jalan-jalan negara.

Melarang senjata penyerangan dan memberikan hukuman yang lebih berat bagi para pengedar narkoba.

Joe Biden dikenal karena pekerjaan kebijakan luar negerinya, senator yang bepergian dengan baik konon menyebut pemimpin Serbia Slobodan Milosevic sebagai penjahat perang di wajahnya selama kunjungan 1993 ke Beograd.

Hampir satu dekade kemudian, Biden memilih untuk mengizinkan penggunaan kekuatan di Irak.

Meskipun demikian, ia akhirnya menjadi kritikus tentang cara pemerintahan George W. Bush menangani konflik.

Baca: Jadi Sengketa Palestina, Joe Biden Tetap Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Tak Akan Pindah Kedutaan

Baca: Tak Sebut Biden dalam Pidato Perpisahan, Trump Klaim Dia Presiden AS yang Tak Memulai Perang

John Roberts, ketua Mahkamah Agung AS (kanan) mengambil sumpah jabatan kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden (membelakangi lensa)saat upacara pelantikan di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Joe Biden menjadi presiden Amerika Serikat ke-46.
John Roberts, ketua Mahkamah Agung AS (kanan) mengambil sumpah jabatan kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden (membelakangi lensa)saat upacara pelantikan di Front Barat Capitol AS pada 20 Januari 2021 di Washington, DC. Joe Biden menjadi presiden Amerika Serikat ke-46. (Kevin Dietsch-Pool / Getty Images / AFP)

Pada tahun 1987, setelah membuktikan dirinya sebagai salah satu anggota parlemen Demokrat paling terkemuka di Washington, Biden memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai presiden AS.





Halaman
123






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved