HOAKS di Facebook, Beredar Narasi Jokowi Tak Disuntik Vaksin Melainkain Disuntik Vitamin B

Beredar narasi Presiden Jokowi disuntik vitamin B bukan vaksin Covid-19, disebut membohongi masyarakat soal vaksinasi Sinovac.


zoom-inlihat foto
presiden-jokowi-menjadi-pertama-yang-disuntik-vaksin-covid-19-rabu-1312020.jpg
Biro Pers Sekretariat Presiden - Laily Rachev
Presiden Jokowi menjadi pertama yang disuntik vaksin Covid-19, Rabu (13/1/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sebuah konten Facebook viral beberapa hari yang lalu karena menyebutkan Presiden Jokowi tak disuntik vaksin Covid-19.

Seorang warganet Facebook mengunggah sebuah pernyataan yang mengatakan jika vaksinasi Covid-19 berbohong.

Narasi yang disebarluaskan oleh pengguna Facebook tersebut menyebutkan jika Jokowi hanya disuntik vitamin, bukan vaksin.

"AU eee Dia bilang Cuma bi Vitamin itu ad kase suntik pa Jokowi..Supya torang kata mo Suka VAKSIN," tulis pengguna Facebook bernama Fatima Mamonto Potabuga.

Pengguna Facebook tersebut mengeklaim jika Jokowi tidak disuntik vaksin Sinovac.

Melainkan hanya disuntik vitamin B.

Pada sumber lain disebutkan Jokowi disuntikan vitamin C ketika siaran langsung pada Rabu (13/1/2021) lalu.

Dilansir dari laman Covid19.go.id, klaim yang dituliskan oleh warganet tersebut adalah hoaks alias tidak benar.

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (13/1/2021) pagi. Vaksin yang disuntikkan kepada Presiden Jokowi adalah vaksin CoronaVac buatan Sinovac Life Science Co Ltd yang bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero). Sebelum disuntik vaksin, Presiden Jokowi terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data, serta penapisan kesehatan, antara lain pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Vaksinasi tersebut menjadi titik awal pelaksanaan vaksinasi nasional di Indonesia sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19.
Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (13/1/2021) pagi. Vaksin yang disuntikkan kepada Presiden Jokowi adalah vaksin CoronaVac buatan Sinovac Life Science Co Ltd yang bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero). Sebelum disuntik vaksin, Presiden Jokowi terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data, serta penapisan kesehatan, antara lain pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Vaksinasi tersebut menjadi titik awal pelaksanaan vaksinasi nasional di Indonesia sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19. (Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

Pasalnya pada saat proses vaksinasi, Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Muthalib yang menjadi vaksinator menunjukan vial dan kemasan vaksin Covid-19 merek Sinovac sebelum disuntikan pada Jokowi.

Tampak vaksinator kembali memperlihatkan vial vaksin sebelum dibuka.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • SPOILER One Piece Chapter 1006:

    Berikut jadwal rilis dan spoiler One Piece chapter
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved