Kaleidoskop 2020: Daftar Pejabat yang Diciduk KPK Sepanjang 2020, Kepala Daerah hingga Menteri

Berikut ini kilas balik beberapa kali OTT yang dilakukan KPK selama tahun 2020 yang berhasil menjerat sejumlah kepala daerah hingga dua menteri Jokowi


zoom-inlihat foto
kpk-jumpa-pers-operasi-tangkap-tangan-pejabat-di-kementerian-sosial.jpg
Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama
ILUSTRASI - daftar pejabat yang terjaring OTT KPK sepanjang 2020. KPK jumpa pers operasi tangkap tangan pejabat di Kementerian Sosial.


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Selama tahun 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil mengamankan sejumlah pejabat negara yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi.

Yang paling baru adalah ditangkapnya sejumlah pejabat Kementerian Sosial, termasuk Menteri Sosial Juliari Batubara terkait kasus kasus dugaan suap bantuan sosial penangan Covid-19.

Diberitakan Kompas.com pada (6/12/2020), KPK kemudian menetapkan mensos Juliari sebagai tersangka kasus dugaan suap bantuan sosial penanganan pandemi Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek di tahun 2020.

Dalam operasi tangkap tangan tersebut, KPK mengamankan enam orang, yaitu MJS, direktur PT TPAU berinisial WG, AIM, HS, seorang sekretaris di Kemensos berinisial SN dan seorang pihak swasta berinisial SJY.

MJS dan AW diketahui merupakan pejabat pembuat komitmen di Kementerian Sosial.

Sementara AIM dan HS merupakan pihak swasta.

Diketahui, upaya KPK melakukan OTT tersebut bukanlah yang pertama kalinya.

Berikut ini kilas balik beberapa kali OTT yang dilakukan KPK selama tahun 2020.

1. Bupati Sidoarjo

Di awal tahun 2020, KPK menangkap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah pada Januari 2020.

Diberitakan oleh Kompas.com pada (8/1/2020), KPK menetapkan menetapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tersangka kasus suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, dugaan kasus suap tersebut merupakan hasil dari operasi tangkap yang berlangsung di Sidoarjo, Selasa (7/1/2020).

"Sejalan dengan penyidikan tersebut, KPK menetapkan 6 orang tersangka. Sebagai penerima, SFI (Saiful Ilah) Bupati Sidoarjo dua periode, 2010-2015 dan 2016-2021," kata Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (8/1/2020).

Baca: Fakta Bupati Sidoarjo Ditangkap KPK, Akui Tak Tahu Kasus yang Menjeratnya hingga Komentar Mahfud MD

Baca: Bupati Sidoarjo Terjaring OTT KPK, Seskab Pramono Anung: Ini Menunjukkan KPK Masih Punya Kekuatan

Saiful Ilah diduga menerima suap senilai total Rp 550.000.000 dari pihak swasta terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, sebagian dari uang senilai Rp 550.000.000 tersebut ditemukan dalam operasi tangkap tangan terhadap Saiful di kantornya, Selasa (7/1/2020).

2. Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Masih di bulan yang sama, KPK juga menangkap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

KPK menangkap Wahyu Setiawan dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (8/1/2020).

Diberitakan oleh Kompas.com pada (9/1/2020), Wahyu Setiawan ditetapkan sebagai tersangka kasus suap terkait penetapan anggota DPR 2019-2024.

Baca: Komisioner KPU Wahyu Setiawan Mengundurkan Diri Setelah Jadi Tersangka Kasus Suap

Baca: Wahyu Setiawan Resmi Tersangka Kasus Suap, KPU Tak Berikan Bantuan Hukum

3. Bupati Kutai Timur





Halaman
1234






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved