Bupati Buton Tegaskan Status Pulau Pendek yang Dijual di Situs Jual Beli Online Senilai Rp 36.500

La Bakry menjelaskan, dalam sektor pengembangan pariwisata, pemerintah daerah membuka peluang kerja sama dengan investor bukan dalam bentuk jual beli.


zoom-inlihat foto
screenshootscreenshoot.jpg
screenshoot
pulau pendek dijual dalam situs jual beli online


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bupati Buton, Sulawesi Tenggara angkat bicara terkait kabar Pulau Pendek yang dijual di situs jual beli online.

Bupati Buton La Bakry menegaskan, status Pulau Pendek berada di bawah kewenangan pemerintah daerah Kabupaten Buton.

Dalam tata klausul hutan yang telah ditetapkan di Provinsi Sulawesi Tenggara, Pulau Pendek masuk dalam kategori areal peruntukan lain (APL).

“Itu sudah di bawah kewenangan pemda untuk digunakan untuk apa, hanya saat ini yang merasa ahli waris masih tetap berkebun, maka itulah mereka saat ini melakukan aktivitas menanam dan aktivittas lain di pulau itu,” kata La Bakry saat ditemui sejumlah media, Rabu (2/9/2020)

Ia menjelaskan, pada tahun 1970-an penduduk yang berada di Pulau Pendek dan juga pulau sekitarnya dpindahkan ke daratan Pulau Buton dalam program pemerintah saat itu agar memudahkan pelayanan kepada warga.

“Sekarang mereka sudah menetap di Pulau Buton, tetapi masyarakat di desa tersebut Boneatiro dan Boneotori Barat merasa punya kebun sehingga masih berkebun di sana,” ujarnya.

Baca: Sedang Asik Memancing, Moncong Ikan Sori Ganas Menancap di Leher Remaja Asal Buton Sedalam 15 cm

La Bakry mengatakan, mengenai sertifikat tanah yang dipegang ahli waris merupakan kewenangan BPN, Namun, ia menjelaskan, pemerintah daerah tidak akan melarang warga untuk beraktivitas berkebun dan mencari ikan di pulau tersebut.

“Sebagai masyarakat di situ kan tidak ada salahnya sebagai warga Kabupaten Buton punya hak untuk menanam dan mencari ikan di situ,” ucap La Bakry.

Di hadapan Menteri Kelautan dan Perikanan, La Bakry telah memaparkan Pulau Pendek dan Pulau Panjang akan dijadikan unggulan dalam sektor perikanan.

Ia juga menjelaskan, dalam sektor pengembangan pariwisata, pemerintah daerah membuka peluang kerja sama dengan investor bukan dalam bentuk jual beli.

pulau pendek dijual dalam situs jual beli online
pulau pendek dijual dalam situs jual beli online (screenshoot)










KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved