H-2 Lebaran, Volume Kendaraan yang Nekat Mudik di Tengah Pandemi Covid-19 Mulai Meningkat

Memasuki H-2 Lebaran, jumlah kendaraan yang nekat mudik di tengah pandemi Covid-19 sudah mulai meningkat, sejumlah wilayah diperketat.


zoom-inlihat foto
kendaraan-pemudik-dari-arah-jakarta-melewati-jalan-tol-jakarta-cikampek-di-cikampek-jawa-barat.jpg
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Volume kendaraan jelang H-2 lebaran meningkat.


Memasuki H-2 Lebaran, jumlah kendaraan yang nekat mudik di tengah pandemi Covid-19 sudah mulai meningkat, sejumlah wilayah diperketat.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Jelang lebaran, masih banyak masyarakat yang tetap nekat mudik di tengah pandemi Covid-19.

Larangan mudik di tengah pandemi Covid-19 rupanya tak diindahkan oleh masyarakat.

Jumlah kendaraan pemudik pun meningkat meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini terbukti pada peningkatan jumlah kendaraan di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Dikutip dari Kompas.com, Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, menjelang Lebaran atau H-3 terlihat adanya peningkatan jumlah pengendara yang masuk ke wilayah DIY.

“Terlihat dari banyaknya kendaraan yang ternyata bukan plat dari DIY, melainkan dari luar wilayah,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

Baca: Mudik di Tengah Pandemi Covid-19, Jumlah Kendaraan Keluar yang Tinggalkan Jakarta Alami Penurunan

Baca: H-3 Lebaran, Sejumlah Pemudik di Pantura Pakai Jaket Driver Ojol Agar Lolos Check Point

Untuk menghadapi peningkatan jumlah kendaraan mudik di tengah pandemi Covid-19 ini, Polda DIY memperketat kendaraan di pos-pos penyekatan.

“Pengawasan di daerah perbatasan akan semakin diperketat jajaran Ditlantas Polda DIY yang dipusatkan di tiga pos check point, yakni di Prambanan, Kulonprogo dan juga di Tempel,” katanya.

Adanya penyekatan ini diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Petugas kepolisian mengatur pemberlakuan contra flow di ruas jalan Tol Semarang Bawen, Jawa Tengah, Jum'at (31/5/2019). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik pihak Jasa Marga bekerjasama dengan Dirlantas Jawa Tengah memberlakukan sistem contra flow dari km 426 sampai km 433 ruas Tol Semarang Bawen. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Petugas kepolisian mengatur pemberlakuan contra flow di ruas jalan Tol Semarang Bawen, Jawa Tengah, Jum'at (31/5/2019). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik pihak Jasa Marga bekerjasama dengan Dirlantas Jawa Tengah memberlakukan sistem contra flow dari km 426 sampai km 433 ruas Tol Semarang Bawen. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

"Dengan tetap mempedomani himbauan pemerintah, untuk melarang adanya aktivitas mudik maka jelang H-3 Lebaran, Ditlantas Polda DIY memperketat pintu pintu masuk dan jalan tikus di perbatasan Yogyakarta sehingga kendaraan yang akan masuk ke wilayah Yogyakarta tetap terpantau" ucapnya.





Halaman
123
Penulis: Nur Afitria Cika Handayani
Editor: Melia Istighfaroh






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved