Biden & Zelenskiy Berselisih Perihal Asal-usul Rudal yang Hantam Polandia

Presiden AS Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbeda pendapat mengenai asal-usul rudal yang menghantam Polandia.


zoom-inlihat foto
Joe-Biden-Putin.jpg
MARTIAL TREZZINI / POOL / AFP
Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menaiki pesawat Air Force One Boeing 747 setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, di Bandara Cointrin, Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy bersilang pendapat perihal asal-usul rudal yang menghantam Polandia hari Selasa lalu, (15/11/2022).

Menurut Biden, rudal itu kemungkinan bukan berasal dari Rusia jika dilihat dari lintasan yang dilaluinya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut rudal itu kemungkinan adalah rudal Ukraina yang "nyasar". Kendati demikian, dia tidak ingin menyalahkan Ukraina.

Hal senada juga dikatakan oleh Presiden Polandia Andrzej Duda.

"Ada banyak indikasi bahwa rudal itu adalah rudal yang digunakan oleh sistem pertahanan antirudal milik Ukraina," kata Duda dikutip dari Newsweek, (17/11/2022).

"Sangat mungkin bahwa rudal itu diluncurkan oleh sistem pertahanan antipesawat milik Ukraina guna melindungi wilayah Ukraina."

Baca: Kasus Rudal di Polandia, Zelenskiy Dituding Ingin Memulai Perang Dunia Ke-3

Di sisi lain, Zelensky menegaskan bahwa rudal itu "bukan rudal Ukraina". Dia juga meminta para bawahannya diberi akses ke tempat terjadinya insiden rudal itu.

Biden buka suara untuk menanggapi komentar Zelensky. "Itu bukan bukti," kata Biden membantah pernyataan Presiden Ukraina itu.

"Ada informasi awal yang membantahnya. Saya tidak ingin mengatakannya sampai kami menyelidiki sepenuhnya," kata Biden pada hari Selasa.

Baca: NATO Gelar Rapat Darurat untuk Bahas Insiden Rudal di Polandia

Insiden serangan rudal di Polandia disorot dunia lantaran Kementerian Luar Negeri Polandia sempat menyebut rudal itu "buatan Rusia".

Moskow membantahnya dan menegaskan bahwa militer Rusia tidak menembakan rudal tersebut.

"Tidak ada serangan terhadap target di dekat perbatasan Ukraina-Polandia yang dilakukan dengan senjata Rusia," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Rusia juga mengklaim bahwa puing-puing roket di tempat kejadian adalah bagian dari rudal S-300 milik Ukraina.

Berdasarkan penyelidikan awal, tiga pejabat AS mengatakan rudal itu ditembakkan pasukan Ukraina ketika ada rudal Rusia yang datang.

Baca: Rudal Menghantam Polandia, Joe Biden: Mungkin Bukan dari Rusia

Ukraina sendiri memiliki persediaan senjata buatan Rusia dan Soviet, termasuk rudal pertahanan udara. Selain itu, pasukan Ukraina juga menyita banyak senjata Rusia ketika memukul mundur militer Rusia.

Insiden rudal itu memicu kekhawatiran karena jatuh di Polandia yang menjadi anggota NATO. Dalam Pasal 5 mengenai pertahanan bersama yang disepakati anggota NATO, setiap serangan terhadap satu anggota NATO dianggap sebagai serangan terhadap seluruh anggota NATO.

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Joe Biden di sini.

 

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved