ART dan Security Sambo Kena sindir Hakim Karena Jawab Pertanyaan Cepat: Kemarin Macam Sakit Gigi

Hakim Wahyu menindir ART dan security Ferdy Sambo yang cepat menjawab saat ditanya olehhakim namun macam sakit gigi saat ditanya JPU


zoom-inlihat foto
Hakim-Sindir-ART-dan-Security-Ferdy-Sambo.jpg
Kompas
Hakim Sindir ART dan Security Ferdy Sambo


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Wahyu Iman Santoso, yang menjadi hakim ketua dalam persidangan kasus pembunuhan terhadap Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sempat menyindir ART dan security Eks Kadiv Propam itu.

Seperti yang diketahui, para ART dan security Ferdy Sambo ini jauh berbeda saat memberikan kesaksian dalam persidangan sebelumnya.

Mereka adalah Alfonsius Dua Lureng (Security), Abdul Somad (ART), Marjuki (Security Komplek), Diryanto atau Kodir (ART), Susi (ART), dan Damianus Laba Kobam atau Damson (Security).

Sebelumnya mereka tidak cepat menjawab saat ditanya oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Namun sangat lancar ketika ditanya hakim dalam persidangan yang digelar di PN Jaksel, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Bahkan hakim Wahyu mengatakan jika kemarin macam sakit gigi saat ditanya.

Baca: Keluarga Brigadir J Kaget WA Yosua Kembali Aktif dan Keluar dari Grup, Padahal HP Korban Hilang

Baca: Sosok AKP Rifaizal Samual, Polisi yang Sempat Cecar Bharada E dan Disentil Sambo

"Lancar kaya gini nggak dia? Kamu kemarin macam sakit gigi kemarin ditanya. Bilang nggak tau, ini ditanya pengacara cepat banget jawabnya," sindir hakim Wahyu, dikutip dari Kompas.

Hakim Wahyu secara khusus menyorot saksi yang bernama Kodir.

Ini dikarenakan Kodir sebelumnya nampak terbata-bata ketika ditanya JPU dan hakim.

Sepuluh orang saksi dihadirkan Jaksa Penuntut Umum pada persidangan dengan terdakwa kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2022).
Sepuluh orang saksi dihadirkan Jaksa Penuntut Umum pada persidangan dengan terdakwa kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2022). (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

"Lancar banget malam ini jawabannya, tadi waktu ditanya saya, ditanya JPU, kaya sakit gigi semua. Terutama si Kodir ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Monika Kumalasari, Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi, menyebut hakim tahu soal Susi ART Ferdy Sambo berbohong di persidangan.

Seperti yang sudah diketahui majelis hakim beberapa kali mengatakan bohong kepada Susi saat bersaksi.

Monika menyebut hal tersebut mengindikasikan hakim mengerti soal Susi tidak terdapat spontanitas dan konsistensi dalam persidangan.

"Majelis hakim beberapa kali mengatakan 'bohong' pada saat pemeriksaan saksi Susi. Hal ini mengindikasikan apa? Ada dua aspek psikologis dari kejujuran. Pertama adanya spontanitas, dan kedua konsistensi," terang Monika, dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Jumat (4/11/2022) dikutip via Tribunnews.

"Hakim juga mempelajari bagaimana hal-hal psikologis, dan juga sudah mengalami sendiri dari jam terbangnya selama di persidangan," lanjut Monika.

Hakim, kata Monika, mengetahui ART Ferdy Sambo itu menyampaikan kesaksiannya tidak spontan, banyak cognitive loading, yang memberikan kesan dipikirkan terlebih dahulu.

Baca: Jaksa Sebut Kuat Maruf Sudah Bawa Pisau Jika Brigadir J Lakukan Perlawanan saat Akan Dihabisi

Lalu ada beberapa hal yang tak dijawab Susi secara konsisten saat ditanya hakim.

Monika lalu memberikan kesimpulan jika Hakim sudah tahu apa yang disampaikan Susi, di dalamnya banyak kebohongan-kebohongan yang berusaha untuk ditutupi.

"Jadi ini mengindikasikan bahwa apa yang disampaikan oleh Susi tidak spontan, banyak cognitive loading, dipikirkan terlebih dahulu dan juga beberapa hal yang kemudian ditanyakan tidak konsisten dalam menjawabnya."

"Artinya hakim sudah tahu apa yang disampaikan oleh Susi adalah banyak kebohongan-kebohongan yang berusana untuk ditutupi," terang Monika.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved