Tentara Rusia Kabur dari Desa Ukraina, Tinggalkan Senjata & Kendaraan

Di Desa Bairak yang berada dekat dengan Kota Balakliya, pasukan Rusia bahkan meninggalkan senjata dan kendaraan mereka.


zoom-inlihat foto
Kota-Balakliya-Kharkiv.jpg
JUAN BARRETO / AFP
Sebuah mobil berjalan melewati kendaraan lapis baja yang rusak di Kota Balakliya, Kharkiv, (10/9/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pasukan Ukraina melakukan serangan balik dan berhasil memukul mundur pasukan Rusia dari desa-desa di Ukraina.

Di Desa Bairak yang berada dekat dengan Kota Balakliya, pasukan Rusia bahkan meninggalkan senjata dan kendaraan mereka. Desa tersebut menjadi salah satu target pasukan Ukraina sejak pekan lalu.

"Kami tidak tahu ke mana pasukan Rusia melarikan diri," kata Nadia Olshanska, 59, seorang warga desa, (11/9/2022), dikutip dari The Times.

Olshanska menemukan kendaraan yang ditinggalkan pasukan Rusia. Kendaraan itu memiliki simbol "Z" yang sering digunakan oleh militer Rusia.

Bairak telah diduduki selama 6 bulan, tetapi berhasil direbut kembali oleh pasukan Ukraina. Olshanska kemudian menelepon anak-anaknya untuk memberikan kabar. Selama berbulan bulan, keluarganya bahkan tidak tahu apakah Olshanska masih hidup.

"Ada ledakan di mana-mana. Rumah-rumah terbakar," kata dia. "Seperti itulah ketika saya melihat pasukan Rusia mundur."

Baca: Putin Disebut Ingin Buat Ukraina Bangkrut untuk Tebus Kegagalan Pasukannya

Olshanska mengaku sangat senang ketika pasukan Ukraina datang membebaskan desanya. "Ini seperti mimpi."

Kota Balakliya menjadi target strategis dalam serangan balik Ukraina. Di sana terdapat salah satu pabrik semen terbesar di Ukraina.

Baca: AS Sebut Rusia Beli Jutaan Peluru Artileri dan Roket dari Korea Utara

Pertempuran di Balakliya berlangsung sengit, tetapi pada hari Jumat lalu pasukan Ukraina berhasil menerobos pertahanan pasukan Rusia. Sehari kemudian pasukan Rusia sudah melarikan diri dari Balakliya, Kupiansk, dan Izyum.

Kaburnya tentara Rusia dikonfirmasi oleh Letjen Igor Konashenkov, juru bicara pasukan Rusia. Dia mengatakan tentaranya sudah menarik diri.

Kini Ukraina menargetkan wilayah Luhansk dan Donetsk. Di Kharkiv, pasukan Rusia telah meninggalkan desa-desa di sana pada hari Jumat. Kharkiv hanya berjarak 20 km dari perbatasan Rusia.

Ukraina mengklaim telah merebut kembali wilayah seluas 1.200 mil sejak hari Selasa, (6/9/2022).

Baca: Bos Perusahaan Gas Terbesar Kedua di Rusia Tewas Terjatuh dari Jendela

Pemandangan alun-alun di luar balai kota Kharkiv yang rusak pada 1 Maret 2022 akibat penembakan pasukan Rusia.
Pemandangan alun-alun di luar balai kota Kharkiv yang rusak pada 1 Maret 2022 akibat penembakan pasukan Rusia. (Sergey BOBOK / AFP)

Kecepatan dan keberhasilan serangan balik Ukraina cukup mengejutkan. Pakar dari Barat mengatakan tewasnya ribuan tentara Rusia telah menurunkan moral pasukan Vladimir Putin.

Pasukan Rusia kini diperkirakan akan memperkuat pertahanan di kota-kota penting, termasuk Kheson, Melitopol, dan Mariupol agar bisa tetap menguasai pantai Laut Hitam.

"Saya meyakini musim dingin ini merupakan titik balik perang dan bisa mengarah kepada penarikan mundur yang cepat di Ukraina," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Jika kita sedikit lebih kuat dengan persenjataan, kita akan mengusir mereka lebih cepat."

Baca: Rusia Diduga Pindahkan Rudal S-300 dari Suriah ke Ukraina

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Ukraina di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved