Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terbesar di Eropa Terbakar Akibat Diserang Pasukan Rusia

Insiden kebakaran terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia lantaran diserang Rusia, Jumat (4/3/2022) pagi.


zoom-inlihat foto
1-pabrik-listrik.jpg
Reuters
Pasukan memasuki kota Energodar pada Kamis (3/3/2022). Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terbakar pada Jumat (4/3/2022) pagi.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terbakar akibat diserang Rusia, Jumat (4/3/2022) pagi.

Diketahui, pembangkit listrik tersebut merupakan pembangkit terbesar di Eropa yang berada di Zaporizhzhia.

"Sebagai hasil dari serangan musuh terus menerus terhadap bangunan dan unit pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terbakar," kata Wali Kota Enerhodar Dmytro Orlov di saluran Telegram-nya tepat setelah pukul 01.30 pagi waktu setempat, Jumat (4/3/2022), seperti dikutip dari Guardian.

Ia mengatakan hal tersebut menjadi sebuah ancaman bagi keamanan dunia.

Warga Ukraina yang berdomisili di Korea Selatan melakukan aksi unjuk rasa menentang invasi Rusia ke Ukraina, di dekat Kedutaan Rusia di Seoul, Senin (28/2/2022).
Warga Ukraina yang berdomisili di Korea Selatan melakukan aksi unjuk rasa menentang invasi Rusia ke Ukraina, di dekat Kedutaan Rusia di Seoul, Senin (28/2/2022). (JUNG YEON-JE / AFP)

Baca: Invasi Rusia-Ukraina Disebut Justru Menguntungkan China, Ini Penjelasan Mantan Agen Khusus FBI

Baca: Majelis Umum PBB Tuntut Rusia Segera Tarik Pasukannya dari Ukraina

Dilansir oleh Tribunnews, Orlov merekam pesan video pendek yang kini sudah beredar di sejumlah media lokal Ukraina, yang isinya mendesak pasukan Rusia untuk segera berhenti menembaki pabrik pembangkit listrik itu.

Pejabat tersebut sebelumnya mengungkapkan bahwa pasukan Ukraina memerangi pasukan Rusia di pinggiran kota dan melaporkan militer Rusia sedang menuju ke pabrik nuklir.

Bahkan pada Kamis (3/3/2022) terdengar tembakan keras serta roket.

Dari kesaksian seorang karyawan di pabrik tersebut, pasukan Rusia menembaki fasilitas nuklir.

“Perhatian! Senjata Federasi Rusia menembaki PLTN Zaporozhye.”

Gambar selebaran yang dirilis di halaman Facebook Kementerian Dalam Negeri Ukraina pada 1 Maret 2022 menunjukkan asap setelah serangan rudal yang menargetkan pusat televisi ibukota Ukraina di Kyiv.
Gambar selebaran yang dirilis di halaman Facebook Kementerian Dalam Negeri Ukraina pada 1 Maret 2022 menunjukkan asap setelah serangan rudal yang menargetkan pusat televisi ibukota Ukraina di Kyiv. (UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES / AFP)

Baca: Warga Rusia Mulai Rasakan Dampak Hujan Sanksi: Harga Melonjak hingga Susah Tarik Uang

Baca: Sanksi Ekonomi Karena Menginvasi Ukraina, Bank Terbesar Rusia di Eropa Terancam Bangkrut

“Ada ancaman nyata bahaya nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Kami menuntut gencatan senjata dari alat berat di PLTN Zaporozhye!”

Dia juga mengatakan pada pukul 2.30 pagi waktu setempat, petugas pemadam kebakaran tidak dapat mencapai lokasi dan mengklaim kebakaran tersebut terjadi karena ulah pasukan Rusia.

Kantor berita Ukraina UNIAN dan Hromadske pun melaporkan adanya kebakaran yang terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut.

Kendati begitu, masih belum jelas di mana titik api berada serta belum dapat dipastikan juga kerusakan yang ditimbulkan akibat insiden itu.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUAN)

Baca lengkap soal invasi Rusia di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved