WNA Diizinkan Masuk Indonesia, Ini Kata Luhut Binsar Pandjaitan

Pemerintah membuka perjalanan internasional dengan syarat-syarat tertentu, dalam masa perpanjangan PPKM periode 20 September hingga 4 Oktober


zoom-inlihat foto
WNA-China-masuk-ke-indonesia-saat-larangan-mudik.jpg
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Ilustrasi. Dua dari 47 warga negara asing (WNA) asal Fouzhou, China yang mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (6/5/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan adanya pengetatan terhadap kedatangan warga negara asing (WNA) ke Indonesia.

"Bahwa kedatangan orang asing kami lakukan pengetatan untuk orang yang datang dari daerah-daerah yang kita anggap punya kecenderungan tinggi atau level 4 istilah kita," ujar Luhut melalui keterangan pers yang ditayangkan di channel Sekretariat Presiden, Senin (27/9/2021), dikutip dari Kompas.com.

Luhut menejelaskan, sejumlah negara termasuk dalam kategori penularan tinggi Covid-19

Yakni seperti Amerika Serikat dan Turki.

Saat tiba di Indonesia, para WNA akan dikarantina selama 8 hari demi mencegah penularan virus varian Delta ke Indonesia.

"Dari hasil epidemologi, itu dua hari sudah kelihatan reaksi kalau dia kena varian Delta ini.

Jadi kita masih cukup oke mengenai itu.

Saudi Arabia tingkat di sana kan rendah, namun di dalam perjalanan dia kena, itu langsung kita bawa ke karantina," kata Luhut.

"Jadi sekarang tidak diperiksa di airport tapi langsung dikarantina. Yang datang dari luar negeri akan diatur supaya tidak terjadi penumpukan," tambah dia.

Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers PPKM yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/9/2021).
Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers PPKM yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/9/2021). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Seperti diketahui, pemerintah akhirnya membuka perjalanan internasional dengan syarat-syarat tertentu, dalam masa perpanjangan PPKM periode 20 September hingga 4 Oktober 2021.

Baca: Fitur Baru Pedulilindungi untuk WNA dan WNI Dapatkan Vaksin di Luar Negeri, Begini Cara Daftarnya

Baca: Turis Asing Ini Nekat Ajak WNA Tinggal di Bali saat Pandemi Covid-19 dan Langgar Aturan Visa

Sebelum dapat menjejakkan kakinya di Indonesia, para pelaku perjalanan internasional wajib melakukan tes polymerase chain reaction (PCR), melakukan karantina, serta menunjukkan sertifikasi vaksinasi Covid-19.

"Pengetatan syarat perjalanan internasional dari luar negeri yakni wajib full vaksinasi, PCR tiga kali tes, melakukan karantina selama 8 hari, dan pembatasan pintu masuk untuk kemudahan pengawasan," kata Luhut.

Luhut menjelaskan, Indonesia membatasi masuknya para pelaku perjalanan hanya melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng dan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara untuk keperluan perjalanan internasional melalui jalur udara.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)

SIMAK ARTIKEL SEPUTAR PEMBATAN PERJALANAN INTERNASIONAL DI SINI











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Yan Bastian

    Yan Bastian merupakan pria berusia 62 tahun yang
  • Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2021

    Puasa sunnah Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan pada tanggal
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved