Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara Senilai 15 Triliun Dibangun di Karawang

Presiden Jokowi menyebut, investasi pabrik baterai kendaraan listrik ini bernilai USD 1,1 miliar atau setara Rp 15,68 triliun.


zoom-inlihat foto
presiden-jokowi-Pabrik-Industri-Baterai-Kendaraan-Listrik-PT-HKML-Battery-Indonesia.jpg
Setpres
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu, (15/09/2021) pagi.


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Baterry Indonesia di Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Rabu (15/9/2021) pagi.

Ini merupakan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara.

Grounbreaking ditandai dengan penekanan sirine oleh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyebut, investasi pabrik baterai kendaraan listrik ini bernilai USD 1,1 miliar atau setara Rp15,68 triliun (kurs Rp14.257 per dolar AS).

“Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar USD 1,1 miliar,” ungkap Presiden dalam sambutannya dikutip dari YouTube Sekretariat Negara.

Baca: Museum Listrik dan Energi Baru

Baca: Resmi, Indonesia jadi Negara Pertama di Dunia yang Mempunyai Pabrik Baterai Mobil Listrik

Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu, (15/09/2021) pagi.
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu, (15/09/2021) pagi. (Humas Setkab/Agung)

Groundbreaking ini adalah tindak lanjut dari kunjungan JPresiden Jokowi dua tahun lalu ke Busan, Korea Selatan dan bertemu langsung para pengusaha besar di negara tersebut.

Dibangunnya pabrik tersebut, kata Jokowi, adalah wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri.

Selain ini ini merupakan salah satu langkah mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas menjadi industrialisas.

"Era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir.

Dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi, masuk ke industrialisasi menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi," kata Jokowi.

Baca: Jokowi Teken PP Baru, PNS Bolos Kerja Bakal Kena Pemotongan Tunjangan hingga Pemecatan

Baca: Momen Lucu Presiden Jokowi Bertemu Warga Bernama Joko Widodo saat Tinjau Vaksinasi di Klaten

Presiden Jokowi di acara groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu, (15/9/2021).
Presiden Jokowi di acara groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu, (15/9/2021). (Setpres)




Halaman
123






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved