PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 16 Agustus, Luhut Binsar: Ini Pekerjaan yang Tak Mudah

Luhut Binsar umumkan adanya perpanjangan penerapan PPKM Level 4, 3 dan 2 hingga 16 Agustus 2021 untuk terus tekan penyebaran virus corona.


zoom-inlihat foto
Penutupan-jalan-ditiga-ring-di-Kota-Bandung.jpg
Tribun Jabar/Nazmi Abdulrahman
Penutupan jalan di tiga ring, di Kota Bandung dilakukan lebih awal dari biasanya untuk membatasi mobilitas masyarakat yang meningkat di masa penerapan PPKM Darurat.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, PPKM Level 4 kembali diperpanjang hingga 16 Agustus.

Tak hanya itu, PPKM Level 3 dan 2 juga bakal terus diterapkan di beberapa kota.

"Atas arahan Presiden Republik Indonesia maka PPKM Level 4 hingga, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021," kata Luhut dalam siaran pers, Senin (9/8/2021) malam.

Kebijakan perpanjangan PPKM, menurutnya, telah dipertimbangkan secara matang oleh pemerintah dengan melibatkan masukan dari banyak pihak

"Setiap langkah yang kita ambil tentunya telah mempertimbangkan berbagai aspek, serta masukan-masukan dari berbagai ahli di berbagai bidangnya," kata dia.

Luhut kemudian menjelaskan, aktivitas ibadah di daerah PPKM Level 4 bakal dibatasi menjadi 25 persen.

Sedangkan tempat makan dan mal hanya boleh dikunjungi oleh masyarakat yang sudah divaksin Covid-19.

Tampak pos penyekatan PPKM Level 4 di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Pasar Rebo perbatasan Jakarta Timur dengan Kota Depok, Rabu (28/7/2021)
Tampak pos penyekatan PPKM Level 4 di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Pasar Rebo perbatasan Jakarta Timur dengan Kota Depok, Rabu (28/7/2021) (TribunJakarta.com/Bima Putra)

"Hanya mereka yang sudah divaksinasi, saya ulangi, hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi Pedulilindungi," lanjutnya.

Pembukaan mal akan dilakukan di 4 wilayah di Pulau Jawa yang menerapkan PPKM Level 4 yakni Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Dalam siaran persnya, Luhut memaparkan hasil evaluasi penerapan PPKM Level 4 sebelumnya.

Hasil evaluasi menunjukkan hkepatuhan masyarakat menggunakan masker telah mencapai 82 persen.

Hal itu menunjukkan adanya kenaikan kepatuhan masyarakat sebanyak 5 persen sejak Februari-Maret 2021.

Luhut menekankan, disiplin memakai masker merupakan salah satu kunci untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

Baca: Luhut Sebut Pemerintah Berencana Jadikan Kartu Vaksin Covid-19 Syarat Akses ke Tempat Umum

Baca: Vaksin Booster

Menurutnya, sangat memungkinkan hingga tahun-tahun ke depan tren memakai masker terus berlanjut.

"Ini perkerjaan yang tidak mudah dan kami himbau supaya seluruh masyarakat membudayakan untuk memakai masker, karena mungkin kita akan hidup dalam bertahun-tahun ke depan dengan masker ini," kata Luhut.

"Masker ini salah satu alat, disamping vaksin, untuk mencegah penularan Covid-19 varian delta," lanjutnya.

Sejalan dengan upaya mendorong kepatuhan masyarakat untuk memakai masker, kata dia, pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Luhut bilang, sejumlah provinsi dan wilayah aglomerasi menunjukkan peningkatan laju vaksinasi harian yang cukup signifikan.

Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan sebelum meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).
Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan sebelum meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). (Tribunnews/Irwan Rismawan)

"Hal ini tentu saja akan membantu dalam hal upaya pengendalian pandemi Covid-19 akibat varian delta ini,"

Adapaun keputusan PPKM ini akan dituangkan secara mendetail dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan segera diterbitkan.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved