Sangkring Art Space Jogja

Sangkring Art Space adalah sebuah galeri seni terbuka yang didirikan oleh Putu Sutawijaya pada 31 Mei 2007 dan terletak di Bantul.


zoom-inlihat foto
Sangkring-Art-Space-Jogja.jpg
instagram @sangkringart
Sangkring Art Space merupakan sebuah galeri seni terbuka yang didirikan oleh Putu Sutawijaya pada 31 Mei 2007 dan terletak di Bantul.

Sangkring Art Space adalah sebuah galeri seni terbuka yang didirikan oleh Putu Sutawijaya pada 31 Mei 2007 dan terletak di Bantul.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sangkring Art Space adalah sebuah galeri seni terbuka yang didirikan oleh Putu Sutawijaya pada 31 Mei 2007 dan terletak di Bantul.

Putu Sutawijaya membangun galeri ini dengan maksud untuk menghargai dan menjunjung kesenian tanpa mempertimbangkan perbedaan budaya maupun ideologi.

Dengan mengambil motto "yang tua dihormati, yang muda dihargai, yang pinggiran diperhatikan, dan yang alternatif diberi kesempatan untuk sama-sama berkarya", galeri ini bertujuan mendorong seniman untuk turut bereksperimen dan mencoba hal-hal baru.

Nama Sangkring Art Space sendiri memiliki arti spirit antara diri dan masa lampau, yang memotivasi untuk mengintegrasi dunia seni.

Area ini terbagi menjadi tiga ruangan yang dibangun sesuai standar Internasional, yaitu Sangkring Art Space yang digunakan untuk menampilkan karya lukisan, patung dan seni instalasi.

Kemudian ada Sangkring Art Project sebagai ruang untuk menyatukan atau percampuran seni dari berbagai latar belakang.

Yang terakhir ada Bale Banjar sebagai ruang publik yang memiliki suasana pedesaan.

Baca: Museum Affandi

Baca: Bali Shell Museum

  • Sarana


Sangkring Art Space

Ruang pertama yang dikelola oleh Sangkring Art Space ini berupa galeri pamer yang didesain dengan standar internasional.

Diresmikan pada 31 Mei 2007, ruangan ini mengakomodir pameran seni rupa dengan berbagai medium karya seperti lukisan, patung dan seni instalasi.

Sangkring Art Project

Ruang alternatif yang mengedepankan laku proyek seni eksperimental seniman dari berbagai latar belakang, termasuk usia dan disiplin ilmu.

Sangkring Art Project mulai diresmikan pada 18 Maret 2011 dan didesain sebagai ruang yang lebih ramah dan terbuka untuk berbagai kemungkinan kolaborasi lintas disiplin ilmu.

Bale Banjar Sangkring

Diadaptasi dari spirit lokal masyarakat Bali yang dibawa Putu Sutawijaya, ruang ini dibangun sebagai area ‘public space’.

Sebuah ruang temu yang bisa diakses siapa saja, ruang dialog pegiat seni yang membuka kemungkinan terhadap segala sesuatu.

Spirit edukatif juga terwujud dalam desain ruang kelas Bale Banjar Sangkring yang memiliki sekat-sekat terbuka.

  • Fasilitas


Galeri Sangkring Art Space memiiki area pameran yang cukup luas dengan acara seni yang dapat dilakukan dengan leluasa.

Galeri ini menerapkan sistem open-ended management, yaitu terbuka untuk bekerja sama dengan pihak-pihak luar.

Meskipun Galeri Sagkring dikelola secara swadaya, pihak berwenang tetap ingin membuka Galeri kepada tawaran-tawaran untuk bekerjasama dalam proyek seni.

Berikut ini beberapa fasilitas yang dimiliki Galeri Sangkring Art Space :

• Ruang Transaksi

• Pespustakaan Mini

• Coffee Shop

• Homestay

• Ruang Musik

Baca: Neka Art Museum

Baca: Museum OHD Magelang

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Sangkring Art Space
Alamat Jalan Nitiprayan No.88, RT.01/RW.20, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kecamatan, Kasihan, Bantul, Jogja
Jam Operasional 11.00-18.00 WIB (Senin-Sabtu)
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved