Museum OHD Magelang

Museum Oei Hong Djien adalah sebuah museum milik pribadi yang berada di Jl. Jenggolo No. 14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.


zoom-inlihat foto
Museum-Oei-Hong-Djien-Museum-OHD.jpg
instagram @ohdmuseum_magelang
Museum Oei Hong Djien adalah sebuah museum milik pribadi yang berada di Jl Jenggolo No 14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

Museum Oei Hong Djien adalah sebuah museum milik pribadi yang berada di Jl. Jenggolo No. 14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Museum OHD atau yang memiliki kepanjangan Museum Oei Hong Djien adalah sebuah museum milik pribadi yang berada di Jl. Jenggolo No. 14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

Sesuai dengan namanya, pemiliki galeri ini adalah dr. Oei Hong Djien yang merupakan seorang kolektor seni rupa yang terkenal asal Magelang.

Ia memiliki sekitar 2.000 koleksi karya seni yang berasal dari karya anak bangsa seperti Affandi dan Widayat.

Museum OHD terbagi menjadi 2 kategori besar, yaitu Museum OHD 1 yang berisi karya-karya seniman Indonesia pada zaman sebelum dan saat kemerdekaan, dan Museum OHD 2 yang berisi seni rupa modern dan seni rupa kontemporer.

Lukisan setinggi 2 meter dan selebar 2 meter akan sering ditemui di sini, bahkan ada yang lebarnya mencapai 6 meter.

Karya-karya dari seniman seperti Affandi, Widayat, dan Hendra Gunawan yang merupakan maestro seni rupa yang sudah tidak asing belantika tanah air banyak menghiasi ruang-ruang dinding di museum ini.

Museum OHD ini buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. (1)

Baca: Museum Affandi

Baca: Neka Art Museum

  • Sejarah


Oei Hong Djien yang lahir di Magelang pada tahun 1939 adalah pendiri sekaligus pemilik OHD Museum.

Dia lulus sebagai dokter medis pada tahun 1964, kemudian pergi ke Belanda untuk spesialisasi lebih lanjut pada tahun 1966 hingga 1968.

Dia juga menjadi pewaris perusahaan tembakau serta menjadi pakar tembakau dan mitra bisnis PT Djarum.

Setelah lulus, ia gemar membeli lukisan, tetapi mulai mengumpulkan karya berharga 30 tahun yang lalu.

Koleksinya terdiri atas seni rupa modern dan kontemporer Indonesia. 

Dia sering meminjamkan sebagian koleksinya untuk pameran, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sebuah museum telah dibangun untuk menunjukkan koleksi: bangunan pertama selesai pada tahun 1997 dan yang kedua selesai pada 2006, sedangkan yang ketiga dibuka pada 5 April 2012. (2)

Baca: Tumurun Private Museum

Baca: Bali Shell Museum

  • Daya Tarik


Daya tarik dari museum ini adalah isi yang dipaparkan. Karya yang dibuat tidak hanya dari bahan baku baru saja, tetapi ada juga yang terbuat dari bahan bekas.

Selain itu, Museum OHD pernah dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tanggal 23 April 2012 dengan kategori Gudang Tembakau yang Menjadi Museum dengan koleksi Lukisan Indonesia Terlengkap Mewakili Setiap Periode.

Museum ini juga termasuk dalam museum terlengkap di Indonesia, bahkan di dunia.

Tujuan dibuat museum ini karena Oei Hong Djien ingin mengenalkan seni rupa Indonesia yang sangat luar biasa keindahannya kepada masyarakat seluruh dunia.

Oei Hong Djien juga ingin museum ini dapat menjadi pusat pembelajaran bagi generasi muda dan supaya masyarakat dapat memahami karya seni Indonesia. (3)

Baca: Mata Langit Magelang

Baca: Objek Wisata Svargabumi Magelang

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Alamat Jl. Jenggolo 14 Magelang, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi ini diperlukan kurang lebih 1 jam dari Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta.
Harga Tiket Rp50.000 (Dewasa) Rp25.000 (Pelajar)
Jam Buka 10.00-17.00 WIB
   


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. wisatamagelang.com
3. visitmagelang.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved