Disebut Bisa Kendalikan Penyebaran Covid-19, PPKM Mikro Akan Diperpanjang hingga 3 Mei

Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyaraka (PPKM) mikro tahap VI akan diberlakukan di 25 provinsi.


zoom-inlihat foto
Ilustrasi-pengunjung-toko-PPKM.jpg
Kontan
Ilustrasi pengunjung toko menggunakan protokol kesehatan. PPKM mikro akan diperpanjang untuk menekan laju penyebaran Covid-19.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan PPKM berskala mikro terbukti bisa menekan Covid-19.

Airlangga yang juga menjadi Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyebut laju penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan dengen pemberlakukan kedua pembatasan itu,

“PPKM dan PPKM mikro yang diterapkan sejak Januari dan Februari telah mulai berhasil mengendalikan laju penyebaran Covid-19,” kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/4/2021).

Dia mengatakan rata-rata kasus aktif Covid-19 bulanan terus menurun.

Rinciannya adalah Januari 15,43 persen, Februari 13,57 persen, Maret 9,52 persen, dan April 7,23 persen.

Tak hanya itu, jumlah kasus aktif Covid-19 mingguan juga terus menurun sejak PPKM mikro diberlakukan di sejumlah daerah.

Baca: Menko Airlangga Ungkap Kondisi yang Diperlukan agar PPKM Mikro Bisa Dihentikan

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam Webinar bertajuk Strategi Pemulihan Ekonomi Dalam Era Tatanan Baru Perspektif Ekonomi dan Sosial, Jumat (26/06/2020).
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam Webinar bertajuk Strategi Pemulihan Ekonomi Dalam Era Tatanan Baru Perspektif Ekonomi dan Sosial, Jumat (26/06/2020). (Dok. Youtube Direktorat Inovkor)

Kasus aktif minggu ke-2 Februari mencapai 176.291 kasus/minggu, sedangkan minggu ke-3 April turun menjadi 106.243 kasus/minggu.

Berdasarkan evaluasi tersebut, ujar Airlangga, pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang dan memperluas cakupan PPKM Mikro.

Perpanjangan dilakukan selama dua minggu, yaitu mulai tanggal 20 April sampai dengan 3 Mei 2021.

“Dan perluasan berdasarkan parameter jumlah kasus aktif, maka ditambahkan lima provinsi, yaitu Sumatra Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Kalimantan Barat,” ujarnya.

Baca: PPKM Mikro Akan Diperpanjang Lagi, Ada Tambahan 5 Provinsi yang Menerapkan





Halaman
123
Editor: Febri Ady Prasetyo






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Pulau Bawean

    Pulau Bawean adalah sebuah pulau yang berada di
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved