Panduan Ibadah Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19 yang Diterbitkan Kemenag

Berikut panduan ibadah Ramadhan dan Idulfitri 1442 H/2021 M di tengah pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kemenag.


zoom-inlihat foto
jamaah-memukul-bedug-untuk-menyemarakkan-malam-takbiran-di-masjid-istiqlal.jpg
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Jemaah memukul beduk untuk menyemarakkan malam takbiran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (4/6/2019)


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ramadan di tengah pandemi virus corona memanglah menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam.

Selain harus menjaga diri agar tak terpapar virus, umat Islam juga diminta untuk tak banyak beraktivitas yang sifatnya berkerumun.

Padahal, ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan banyak memberi pahala yang berlipat.

Terlebih jika ibadah tersebut dilakukan di dalam masjid secara berjamaah.

Banyak dari umat Islam yang senang menghabiskan waktu di masjid saat bulan Ramadan.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, beberapa kegiataan keagamaan menjadi terbatas.

Dari situ, Kemenag pun menerbitkan panduan ibadah untuk umat Islam selama bulan puasa di tengah pandemi.

WHEATON, ILLINOIS - APRIL 24: Abraham Antar berpartisipasi dalam doa malam setelah berbuka puasa dalam perayaan Ramadhan di Islamic Center of Wheaton pada 24 April 2020 di Wheaton, Illinois. Masjid ditutup sesuai dengan aturan jarak sosial yang diamanatkan oleh negara dan hanya beberapa anggota dewan dan Imam hadir untuk shalat. Masjid selama bulan Ramadhan, periode doa, refleksi, dan puasa selama sebulan, biasanya akan dipenuhi oleh para jamaah yang bergabung dalam acara puasa bersama dan sholat bersama. Scott Olson / Getty Images / AFP
WHEATON, ILLINOIS - APRIL 24: Abraham Antar berpartisipasi dalam doa malam setelah berbuka puasa dalam perayaan Ramadhan di Islamic Center of Wheaton pada 24 April 2020 di Wheaton, Illinois. Masjid ditutup sesuai dengan aturan jarak sosial yang diamanatkan oleh negara dan hanya beberapa anggota dewan dan Imam hadir untuk shalat. Masjid selama bulan Ramadhan, periode doa, refleksi, dan puasa selama sebulan, biasanya akan dipenuhi oleh para jamaah yang bergabung dalam acara puasa bersama dan sholat bersama. Scott Olson / Getty Images / AFP (SCOTT OLSON / GETTY GAMBAR AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP)

Panduan tersebut dikeluarkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam Surat Edaran No 03 tahun 2021 terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idulftri 1442 H/2021 M.

Edaran ini ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Kepala Kankemenag Kab/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia, serta para Pengurus dan Pengelola Masjid dan Mushala.

Dalam edarannya, umat Islam, kecuali bagi yang sakit atau atas alasan syar'i lainnya yang dapat dibenarkan, wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan sesuai hukum syariah dan tata cara ibadah yang ditentukan agama.





Halaman
123
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Editor: Febri Ady Prasetyo






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved