Kementerian ESDM Sita 200 Ton Zirkon Siap Ekspor ke China Melalui Pelabuhan Pangkalabam

Kementerian ESDM menyita sebanyak 200 ton mineral ikutan zirkon yang hendak dieskpor ke China pada Sabtu (3/4/2021).


zoom-inlihat foto
200-ton-mineral-ikutan-Zirkon-dibongkar-paksa-di-area-pelabuhan-Pangkalbalam.jpg
Bangkapos.com/Antoni Ramli
Delapan Kontainer, yang berisi kurang lebih 200 ton mineral ikutan Zirkon, dibongkar paksa di area pelabuhan Pangkalbalam, kota Pangkalpinang, Minggu (4/4/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyita sebanyak 200 ton mineral ikutan zirkon yang hendak dieskpor dari Pelabuhan Pangkalabam, Pangkalpinang, ke China pada Sabtu (3/4/2021).

Diketahui, zirkon merupakan batu yang terbuat secara sintetis dari zirkonium oksida, berwarna bening, cokelat, biru, abu-abu, hijau, atau merah biasanya digunakan sebagai material aksesoris.

Zirkon juga sebagai mineral silikat dengan rumus kimia ZrSiO4, merupakan sumber utama logam zirkonium, terakumulasi sebagai endapan pasir pantai, digunakan sebagai pasir cetak, batu permata, batu tahan api, keramik, dan paduan logam.

Zirkon yang disita tersebut rencannya akan diekspor PT Citra Alam Lestari (CAL) ke China melalui pelabuhan Pangkalabam menggunakan 8 kontainer.

Namun, wacana ekspor itu digagalkan setelah Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin meminta dokumen dan muatan zirkon dicek kembali.

Hal ini menyusul beredarnya isu ada ketidaksesuaian barang dan dokumen.

Termasuk kadar zirkon yang menurut Permen ESDM nomor 1 tahun 2014 tentang kadar zirkon yang bisa diekspor minimum 65,5 persen.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung melalui Perda Provinsi Bangka Belitung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Mineral Ikutan dan Produk Samping Timah mengamanatkan bahwa per tanggal 23 Januari 2021 perdagangan dalam negeri antarpulau produk pasir zirkon dengan ZrSiO4 < 65>

Baca: Ciri-ciri Masker Palsu yang Beredar di Pasaran: Tidak Punya Izin Edar dari Kemenkes

Baca: Ramalan Zodiak Cinta Besok Selasa 6 April 2021: Sagitarius Romantis, Aquarius Banyak Masalah

Delapan Kontainer, yang berisi kurang lebih 200 ton mineral ikutan Zirkon, dibongkar paksa di area pelabuhan Pangkalbalam, kota Pangkalpinang, Minggu (4/4/2021).
Delapan Kontainer, yang berisi kurang lebih 200 ton mineral ikutan Zirkon, dibongkar paksa di area pelabuhan Pangkalbalam, kota Pangkalpinang, Minggu (4/4/2021). (Bangkapos.com/Antoni Ramli)

Sehingga dengan kebijakan ini, maka LTJ yang kemungkinan berada pada pasir zirkon dengan ZrSiO4 < 65>

Namun data manifest yang diperoleh harian ini dari pihak KSOP Pangkalbalam, 300 ton zirkon yang akan diekspor ke china tersebut hanya berkadar 64,48 persen (Zro2).





Halaman
123
Penulis: saradita oktaviani
Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved