Dinilai Tak Peduli dan Lamban Respon Covid-19, Presiden Brasil Didemo Besar-besaran untuk Mundur

Protes ini terjadi di seluruh negeri pada apa yang dilihat banyak warga Brasil sebagai tanggapan Presiden atas penanganan pandemi Covid-19 yang lamban


zoom-inlihat foto
demo-mobil-brasil-007.jpg
Sergio LIMA / AFP
Sebuah pendemo perempuan mengibarkan bendera partai politik kiri terlihat selama protes terhadap penanganan pemerintah terhadap pandemi COVID-19 dan menuntut pemakzulan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, di Brasilia, pada 23 Januari 2021. Ribuan warga Brasil menuntut Bolsonaro mundur sebagai presiden karena dianggap sejak awal menyepelekan pandemi Covid-19 dan dinilai lamban dalam penanganan pandemi Corona di Brasil.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ribuan orang dengan memakai mobil turun ke jalan menuntut Presiden Brasil Jair Bolsonaro mundur.

Protes ini terjadi di seluruh negeri pada apa yang dilihat banyak warga Brasil sebagai tanggapan Presiden atas penanganan pandemi Covid-19 yang lamban di Brasil.

Malah, awalnya Bolsonaro tak mempercayai virus Covid-19 dan bergabung dalam orang-orang yang menganggap bahwa virus mematikan ini adalah sebuah teori konspirasi.

Ribuan warga Brasil turun ke jalan dengan mobil mereka untuk menuntut pemakzulan Jair Bolsonaro karena jajak pendapat menunjukkan dukungan untuk presiden sayap kanan yang tergelincir atas penanganannya terhadap pandemi virus korona.

Dikutip The Guardian, Minggu (24/1/2021), pada Sabtu, ketika jumlah kematian resmi Covid-19 Brasil mencapai 216.000, pengunjuk rasa sayap kiri dan sentris mengorganisir unjuk rasa iring-iringan mobil di lebih dari 20 ibu kota negara bagian, termasuk Rio de Janeiro, Porto Alegre, Belo Horizonte, dan Belem.

Pemimpin sayap kiri Guilherme Boulos mengatakan kepada para penentang yang berparade melalui Sao Paulo demonstrasi itu menandakan dimulainya "pemberontakan rakyat melawan pemerintah genosida ini".

Baca: Brasil Gawat Covid-19, RS Kehabisan Oksigen, Pasien Covid Disuntik Morfin, 60 Bayi Dipindahkan

Konvoi mobil memprotes pemerintah dalam perang melawan Covid-19 dan menuntut pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro di Brasilia, Brasil, Sabtu, 23 Januari 2021. Pengunjuk rasa Sergio Lima / AFPA, mengenakan Out Bolsonaro
Konvoi mobil memprotes pemerintah dalam perang melawan Covid-19 dan menuntut pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro di Brasilia, Brasil, Sabtu, 23 Januari 2021. Pengunjuk rasa Sergio Lima / AFPA, mengenakan Out Bolsonaro "masker wajah sebagai protes terhadap tanggapan pemerintah terhadap perang melawan COVID-19 dan menuntut pemakzulan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, di Brasilia, Brasil, Sabtu, 23 Januari 2021. (Sergio LIMA / AFP)

“Kami di sini untuk mengumumkan bahwa kami tidak akan menunggu sampai pemilihan presiden berikutnya 2022, karena nyawa dipertaruhkan. Sekarang waktunya untuk mengalahkan Jair Bolsonaro," kata Boulos kepada para pembangkang yang terikat mobil.

"Dia akan meninggalkan kursi kepresidenan dan langsung masuk penjara."

Pada hari Minggu, kelompok sayap kanan mengadakan acara pro-impeachment mereka sendiri, termasuk di Barra da Tijuca, benteng dukungan Bolsonaro di Rio barat.

Baca: Kemanjuran Vaksin Sinovac di Brasil Turun Jadi 50,4 Persen, Satgas Covid-19 Berikan Tanggapan

Petisi online yang dipromosikan oleh mantan pendukung konservatif telah menarik lebih dari 180.000 tanda tangan dalam tiga hari.





Halaman
123
Editor: haerahr






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved