Tak Umumkan Dirinya Pernah Terjangkit Covid-19, Airlangga Disebut Berikan Contoh Salah kepada Publik

Pengamat menilai sikap tidak terbukanya Airlangga akan berkaitan dengan tanggung jawab moral kepada masyarakat.


zoom-inlihat foto
menko-bidang-perekonomian-airlangga-hartanto-123.jpg
Dok. Youtube Direktorat Inovkor
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, dalam Webinar bertajuk Strategi Pemulihan Ekonomi Dalam Era Tatanan Baru Perspektif Ekonomi dan Sosial, Jumat (26/06/2020). Airlangga tidak pernah mengumumkan bahwa dirinya pernah terjangkit Covid-19.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik, menganggap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan contoh yang salah kepada masyarakat karena tidak pernah secara terbuka mengumumkan dirinya pernah terjangkit Covid-19.

Agus mengatakan Airlangga seharusnya mengumumkan dirinya pernah terjangkit Covid-19 sehingga bisa memberikan contoh yang baik kepada publik.

Hal ini terutama, kata Agus, karena Airlangga juga menjadi Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

"Iya tidak memberi contoh yang baik. Kan kita minta kesadaran masyarakat untuk tadi selain 3M lalu kalau kena segera ke Puskesmas supaya diurus gitu kan agar tidak menular. Tapi kan harusnya menteri itu men-declare, waktu itu saya kena," kata Agus, Selasa (19/1/2021), dikutip dari Kompas.

Agus menilai sikap Airlangga yang tidak terbuka akan berkaitan dengan tanggung jawab moral kepada masyarakat.

"Ya itu moral saja. Tidak ada undang-undangnya. Ya kalau nyuruh masyarakat tertib ya dia juga harus demikian," ujarnya.

Berkaca pada persoalan Airlangga, Agus mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada beberapa menteri yang terpapar Covid-19, tetapi tidak mengumumkan kepada publik.

Tangkapan layar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan donor plasma konvalesen di Markas PMI, Jakarta, Senin (18/1/2021)
Tangkapan layar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan donor plasma konvalesen di Markas PMI, Jakarta, Senin (18/1/2021) (Kompas)

Baca: Epidemiolog Kritisi Menko Airlangga Hartarto Tak Umumkan Diri Positif Covid-19: Harusnya Jadi Contoh

Hanya saja, menurutnya sikap seperti ini akan menjadi boomerang bagi pemerintah yang berharap masyarakat patuh terhadap cara melawan Covid-19.

"Ada beberapa menteri yang terkena Covid-19 tapi kan tidak diumumkan. Itu juga tidak mencerminkan kepemimpinan. Jadi bagaimana kita mau berharap masyarakat patuh kalau pemimpinnya juga tidak patuh," jelasnya.

Ia sendiri mengaku mengetahui beberapa nama tersebut. Dia merasa tak ada gunanya mengungkap karena sudah seharusnya pejabat publik itu sendiri yang mengumumkan.





Halaman
1234
Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: Melia Istighfaroh






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Ramalan Zodiak Keuangan Hari Ini

    Berikut ramalan zodiak Keuangan hari ini Rabu 3
  • Petugas Satpol PP Takut Disuntik

    Program vaksinasi dari pemerintah terus berjalan. Saat Satpol
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved