Pfizer Klaim Kemanjuran Vaksin Covid-19 Pfizer pada Orang Dewasa di Atas 65 Tahun Capai 94%

Pfizer mengatakan tidak ada efek samping berat dari vaksin ini sehingga imunisasi dapat dilakukan secara besar-besaran di seluruh dunia.


zoom-inlihat foto
markas-pfizer.jpg
JEENAH MOON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP
Seorang pria bermasker berjalan melewati markas perusahaan vaksin, Pfizer Inc., di New York, Amerika Serikat, pada Rabu (22 Juli 2020). Pfizer mengklaim kemanjuran vaksin Covid-19 buatannya mencapai 95%.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Perusahaan farmasi, Pfizer, asal Amerika Serikat (AS) pada Rabu, (18/11/2020), mengatakan hasil akhir dari uji coba tahap akhir vaksin Covid-19 buatannya menunjukkan adanya kemanjuran yang mencapai 95%.

Kemanjuran vaksin Covid-19 ini, kata Pfizer, juga konsisten terhadap semua umur dan etnis demografi.

Dilansir dari Reuters, (18/11/2020), Pfizer mengatakan tidak ada efek samping berat dari vaksin ini sehingga imunisasi besar-besaran dapat dilakukan di seluruh dunia.

Selain itu, kemanjuran pada orang dewasa di atas 65 tahun, yang termasuk golongan berisiko tinggi, mencapai lebih dari 94%.

Analisis akhir ini muncul hanya seminggu setelah hasil awal dari uji coba menunjukkan efektivitas vaksin tersebut mencapai lebih dari 90%.

Sementara itu, Moderna In MRNA.O sudah merilis data awal vaksin mereka pada Senin lalu, dan menunjukkan tingkat kemanjuran yang mirip.

Baca: Menkes Terawan Sebut Vaksinasi Covid-19 Menyasar Individu Sehat Berusia 18-59 Tahun

Markas perusahaan biofarmasi Pfizer Inc. di New York, Amerika Serikat.
Markas perusahaan biofarmasi Pfizer Inc. di New York, Amerika Serikat. (JEENAH MOON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Tingkat kemanjuran kedua vaksin itu bahkan melebihi harapan awal. Kedua vaksin itu dikembangkan dengan teknologi baru yang dikenal sebagai messenger RNA (mRNA).

Pfizer mengatakan vaksin buatannya sudah memiliki data keamanan dua bulan dan mereka akan meminta izin untuk penggunaan darurat di AS dalam beberapa hari ke depan.

Beberapa kelompok seperti tenaga kesehatan di AS akan diprioritaskan dalam program vaksinasi.

Pfizer menyebut ada 170 kasus Covid-19 yang muncul dalam uji coba yang melibatkan 43.000 relawan.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved