BLT Karyawan Gelombang II Mulai Dicairkan, Sudah Ada 2,1 Juta Data Penerima yang Diproses

Pencairan BLT tahap dua tidak dilakukan secara serentak karena ada proses verifikasi dan validasi.


zoom-inlihat foto
ilustrasi-uang-blt-untuk-karyawan-swasta.jpg
Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi BLT untuk karyawan swasta. BLT karyawan tahap dua sudah mulai dicairkan.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bantuan langsung tunai (BLT) karyawan atau subsidi gaji gelombang dua mulai dicairkan pada Senin, (9/11/2020).

Pada tahap kedua ini, nilai BLT sama dengan tahap pertama, yakni Rp1,2 juta.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah, Selasa (10/11/2020).

Ida menyebut sudah ada sebanyak 2,1 juta data karyawan yang diproses.

Pencairan BLT tahap dua tidak dilakukan secara serentak karena ada proses verifikasi dan validasi oleh BP Jamsostek dan Kemnaker.

"Kita pastikan termin II BSU sudah cair hari ini. Siang tadi saya dapat laporan bahwa data penerima BSU tahap I sebanyak 2.180.382 orang sudah diproses ke KPPN," kata Ida dikutip dari Kompas yang melansir dari Antara.

Proses transfer ke rekening dilakukan melalui bank Himbara atau bank BUMN sebelum kemudian ditransfer ke masing-masing rekening penerima, termasuk pemilik rekening bank swasta.

Baca: Berikut Jenis Usaha yang Berpeluang Menerima BLT UMKM Rp2,4 Juta dari Pemerintah

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah kepada Organisasi Buruh Internasional (ILO) memaparkan langkah-langkah pemerintah menekan jumlah pengangguran selama pandemi Covid-19 secara virtual, Kamis (2/7/2020).
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah kepada Organisasi Buruh Internasional (ILO) memaparkan langkah-langkah pemerintah menekan jumlah pengangguran selama pandemi Covid-19 secara virtual, Kamis (2/7/2020). (Dokumentasi Humas Kementerian Ketenagakerjaan)

Pada pencairan subsidi gaji gelombang pertama, pencairannya dilakukan bertahap dalam beberapa minggu kepada jutaan pekerja.

"Selanjutnya akan ditransfer ke bank penyalur dan dicairkan ke masing-masing rekening penerima baik rekening Himbara maupun non-Himbara sama dengan mekanisme termin pertama," kata Ida.

Ida memastikan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan terus berupaya mempercepat proses pencairan BLT subsidi gaji gelombang 2 bagi pekerja dengan pendapatan di bawah Rp 5 juta itu.





Halaman
1234
Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved