Berkat UU Cipta Kerja, WNA Boleh Punya Apartemen di Indonesia

UU Cipta Kerja bikin WNA bisa punya apartemen di Indonesia, Menteri ATR: Dibedakan dari perumahan rakyat


zoom-inlihat foto
ilustrasi-apartemen.jpg
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
ILUSTRASI Apartemen - Pengunjung melihat show unit Saumata Suites, usai seremoni Topping Off Apartemen Saumata Suites di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Kamis (17/10/2019).


UU Cipta Kerja bikin WNA bisa punya apartemen di Indonesia, Menteri ATR: Dibedakan dari perumahan rakyat

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Berkat UU Cipta Kerja, kini pihak asing bisa memiliki apartemen/rumah susun di Indonesia.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, menegaskan bahwa status hak milik atas rumah susun (rusun) atau apartemen bagi warga negara asing ( WNA) akan diatur dalam pedoman yang berbeda dengan rusun untuk rakyat.

Sofyan Djalil mengatakan orang asing tetap tidak boleh bersaing dengan perumahan rakyat, seperti diberitakan Kompas.com.

Oleh karena itu, kepemilikan apartemen WNA bakal dibedakan dari WNI.

"Harga menjadi pedoman. Orang asing tidak boleh bersaing dengan rumah rakyat. Kalau rumah yang disediakan untuk rakyat, tidak boleh dibeli oleh orang asing. Orang asing cuma bisa beli rumah dengan harga misalnya Rp 5 miliar ke atas," kata Sofyan dilansir dari Antara, Sabtu (17/10/2020).

Dalam UU Cipta Kerja, WNA diizinkan untuk memiliki ruang rumah susun atau apartemen.

Baca: KPAI: Aparat Diminta Hukum Siapa Saja yang Gunakan Anak dalam Demo UU Cipta Kerja

ILUSTRASI Apartemen - Apartemen di daerah Beji, Depok, Jawa Barat menjadi lokasi penemuan mayat seorang wanita dalam kondisi terikat tali yang ditemukan oleh polisi pada Rabu (5/8/2020) dini hari.
ILUSTRASI Apartemen - Apartemen di daerah Beji, Depok, Jawa Barat menjadi lokasi penemuan mayat seorang wanita dalam kondisi terikat tali yang ditemukan oleh polisi pada Rabu (5/8/2020) dini hari. (TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma)

Namun demikian, Omnibus Law Cipta Kerja tidak mengubah substansi dari UU Pokok Agraria, di mana WNA dapat memiliki Hak Guna Bangunan.

UU Cipta Kerja mengatur agar WNA dapat membeli apartemen, namun mereka tidak akan mendapatkan hak atas tanah bersama, melainkan sebatas hak pakai.

Selama ini dalam UU Pokok Agraria, aturan yang menghambat WNA untuk berinvestasi properti adalah terkait status HGB dalam rumah susun dan rumah tapak (landed house).

"UU Cipta Kerja mendesain sedemikian rupa definisi antara tanah dan apartemen dibedakan. Orang asing bisa beli apartemen tanpa tanah, karena orang asing tidak penting tanah, yang penting apartemen," kata mantan Menko Perekonomian tersebut.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved