Surat Cerai Soekarno dan Inggit Garnasih Pernah Ditawar Rp 100 Miliar

Galuh Mahesa mengatakan jika dokumen berupa surat nikah dan cerai itu sempat pernah akan dijual ke Belanda.


zoom-inlihat foto
dokumen-pribadi-ir-soekarno-berupa-surat-nikah-dan-surat-cerai-dengan-inggit-garnasih.jpg
Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Dokumen pribadi Ir Soekarno berupa surat nikah dan surat cerai dengan Inggit Garnasih disimpan selama puluhan tahun oleh Tito Zeni Harmain (73).


Galuh Mahesa mengatakan jika dokumen berupa surat nikah dan cerai itu sempat pernah akan dijual ke Belanda.

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pelelangan surai nikah dan cerai Presiden Soekarno dan Inggit Garnasih menjadi perbincangan publik.

Kabar ini mencuat setelah akun Instagram @Popstorindo mengunggah foto surat nikah dan surat cerai milik presiden pertama Indonesia dengan mendiang Inggit Garnasih.

”Seorang bapak di Bandung menawarkan surat nikah dan surat cerai asli Presiden pertama RI Ir Soekarno dan Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit," demikian dikutip dalam unggahan Instagram @popstoreindo, Kamis (24/9/2020).

"Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini, baru tau juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno & Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara dan KH. Mas Mansoer," lanjutnya.

Dikutip dari Tribun Jabar, Yulius Iskandar, yang menjadi pengelola akun @popstoreindo, itu mengatakan, ia mulanya dihubungi oleh Tito Zeni Harmain (73) alias Tito Asmara Hadi untuk menjual dokumen-dokumen tersebut.

Baca: Viral Surat Cerai Soekarno dan Inggit Garnasih Dilelang, Begini Kronologinya

Baca: Deretan Mobil Dinas Presiden RI Pertama Soekarno, Ada Mobil Rampasan dan Pemberian

Media sosial dihebohkan dengan pelelangan surat nikah dan surat cerai Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno dan Inggit Garnasih.
Media sosial dihebohkan dengan pelelangan surat nikah dan surat cerai Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno dan Inggit Garnasih. (Arsip RI/Instagram @Popstorindo)

Tito Asmara Hadi diketahui merupakan anak dari pasangan Asmara Hadi dan Ratna Juami.

Ratna Juami merupakan anak angkat Soekarno saat menikah dengan Inggit.

Tito mengatakan, pada tahun 2000-an mantan Gubernur Jabar, R Nuriana, pernah meminta dokumen itu pada dirinya untuk jadi koleksi museum.

Tito pun sudah setuju meskipun dengan syarat harus ada kompensasi untuk menjalankan wasiat dari Inggit membangun fasilitas bagi masyarakat.

Permintaan dari Nuriana ketika itu juga sudah masuk dalam APBD.





Halaman
123
Penulis: saradita oktaviani
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved