Ancam Boikot, Donald Trump Beri Waktu 45 HariTikTok dan WeChat 'Menyerahkan Diri' ke AS

Beri ancaman boikot, Presiden Donald Trump ingin TikTok dan WeChat 'serahkan diri' dalam 45 hari


zoom-inlihat foto
donald-trump-saat-berbicara-di-gedung-putih.jpg
DREW ANGERER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP
Donald Trump saat berbicara di Ruang James Brady Press BriefingÂ, Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (4/8/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden AS Donald Trump tengah berambisi untuk mengakusisi TikTok dan WeChat.

Donald Trump memberikan tenggat waktu 45 hari bagi keduanya untuk 'menyerahkan diri' alias menjual bisnisnya pada perusahaan AS.

Menurut Trump, aplikasi asal China itu berbahaya bagi keamanan nasional AS.

"Aplikasi buatan perusahaan China yang beredar di Amerika Serikat berpotensi mengancam keamanan nasional, kebijakan pemerintah, dan perekonomian di Amerika Serikat," kata Trump dalam keterangan tertulis di situs resmi Gedung Putih, dikutip Kompas.com.

"Kami mengambil langkah cepat untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh salah satu aplikasi, khususnya TikTok," imbuh Trump.

Trump juga akan memboikot segala transaksi apa pun, termasuk fitur transfer uang, dari aplikasi buatan ByteDance dan Tencent itu, apabila melewati batas waktu 45 hari, atau 15 September 2020.

Diskusi dengan Microsoft

Presiden AS Donald Trump berbicara kepada pers di Brady Briefing Room Gedung Putih di Washington, DC, pada 5 Agustus 2020.
Presiden AS Donald Trump berbicara kepada pers di Brady Briefing Room Gedung Putih di Washington, DC, pada 5 Agustus 2020. (Olivier DOULIERY / AFP)

Baca: Facebook Hapus Unggahan Trump tentang Anak Kebal Covid-19, Juru Kampanye Ngotot Membela: Itu Fakta

Terkait hal ini, Donald Trump juga sudah melakukan diskusi dengan CEO Microsoft Satya Nadella soal akusisi TikTok, seperti diberitakan Al Jazeera.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (2/8/2020), mereka mengatakan akan melanjutkan negosiasi untuk merebut aplikasi itu dari ByteDance.

Targetnya, kesepakatan bisa tercapai sebelum 15 September.





Halaman
1234
Penulis: Ahmad Nur Rosikin
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved