Robot Penjelajah NASA - Perseverance

Perseverance merupakan robot penjelajah NASA yang dikirim ke Mars pada 30 Juli 2020


zoom-inlihat foto
tampilan-close-up-model-ukuran-penuh-dari-perseverance-rover.jpg
Gregg Newton / AFP
Tampilan close-up model ukuran penuh dari Perseverance rover dipajang di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Rover Perseverance akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi saat diluncurkan pada 30 Juli 2020. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021 dan juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi.

Perseverance merupakan robot penjelajah NASA yang dikirim ke Mars pada 30 Juli 2020




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Perseverance merupakan rover (wahana/robot penjelajah) milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Perseverance diluncurkan ke Mars pada Kamis (30/7/2020).

Tujuan NASA adalah mencari tanda kehidupan di Planet Merah.

Robot ini diperkirakan butuh waktu sekitar 6,5 bulan untuk sampai ke Mars. (1)

Tak sendiri, robot Perseverance diluncurkan bersama helikopter Ingenuity.

Ingenuity sendiri merupakan helikopter yang akan terbang dan mendarat di Mars untuk pertama kalinya. (2)

Baca: Helikopter NASA - Ingenuity

Pada bulan Februari 2021, NASA Mars 2020 Perseverance dan Helikopter Ingenuity NASA (ditampilkan dalam konsep seniman) akan menjadi dua penjelajah terbaru agensi di Mars. Keduanya dinamai oleh siswa sebagai bagian dari kontes esai.
Pada bulan Februari 2021, NASA Mars 2020 Perseverance dan Helikopter Ingenuity NASA (ditampilkan dalam konsep seniman) akan menjadi dua penjelajah terbaru agensi di Mars. Keduanya dinamai oleh siswa sebagai bagian dari kontes esai. (NASA / JPL-Caltech)

Robot penjelajah Perseverance akan memulai usaha untuk mencoba membawa batu ke bumi, agar bisa diteliti.

Ia akan menjelajah mencari sampel terbaik agar bisa disimpan dan dimanfaatkan dalam misi berikutnya.

Hal itu juga akan membantu ilmuwan untuk mempelajari apakah di Mars pernah ada kehidupan atau tidak.

Selain itu, proyek ini merupakan putaran pertama perjalanan bumi-mars, lalu ke bumi lagi. (3)

Baca: Aurora

Ketika Helikopter Ingenuity Mars milik NASA mencoba uji terbang pertamanya di Planet Merah, penjelajah Ketekunan Mars 2020 agensi akan dekat, seperti yang terlihat dalam konsep artis ini.
Ketika Helikopter Ingenuity Mars milik NASA mencoba uji terbang pertamanya di Planet Merah, penjelajah Ketekunan Mars 2020 agensi akan dekat, seperti yang terlihat dalam konsep artis ini. (Credits: NASA/JPL-Caltech)

  • Kompetisi Pemberian Nama


Untuk memilih nama robot penjelajah itu, diadakan kompetisi yang dilakukan di sekolah.

Anak-anak diminta untuk menyerahkan nama favorit mereka yang disertai esai pendukung sebanyak 150 kata.

Dari kompetisi itu, berhasil dihimpun 28.000 masukan.

Kemudian para sukarelawan yang terdiri atas pendidik, profesional, hingga peminat antariksa, diminta untuk mengerucutkan masukan itu menjadi sembian besar.

Daftar sembilan itu kemudian dikelola dan dipilih oleh publik.

Direktur Sains NASA, Thomas Zurbuchen, mengumumkan pemenang pada Kamis, waktu setempat.

Nama yang terpilih adalah Perseverance.

Nama itu diusulkan oleh Alexander Mather, siswa berusia 13 tahun dari Virginia.

Kompetisi seperti ini bukan yang pertama kali diselenggarakan oleh NASA.

Robot beroda pertama NASA yang mendarat di planet itu pada 1997, bernama Microrover Flight Experiment.

Kemudian nama itu diganti menjadi Sojourner oleh siswa berusia 12 tahun yang berasal dari Connecticut.

Nama Sojourner merujuk pada aktivis hak-hak perempuan, Sojourner Truth.

Selanjutnya, robot tahun 2004 diberi nama Spirit and Opportunity dinamai oleh siswa asal Arizona.

Sementara itu, mesin terakhir NASA yang disebut Curiousity, dinamai oleh siswa asal Kansas yang berusia 11 tahun. (3)

Baca: Satelit Jupiter - Io

Alex Mather yang berusia tiga belas tahun berbicara kepada media di depan mock-up bajak Ketekunan di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Mather bertanggung jawab atas penamaan rove. Ketekunan diatur untuk diluncurkan pada 30 Juli 2020. Ini akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021 dan juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi.
Alex Mather yang berusia tiga belas tahun berbicara kepada media di depan mock-up bajak Ketekunan di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Mather bertanggung jawab atas penamaan rove. Ketekunan diatur untuk diluncurkan pada 30 Juli 2020. Ini akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021 dan juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi. (Gregg Newton / AFP)

  • Isi Esai Mather


Alexander Mather bercita-cita menjadi seorang insinyur.

Dalam esainya, ia menunjuk beberapa misi yang membawanya menang.

"Keingintahuan, Wawasan, Semangat, Peluang. Jika Anda memikirkannya, semua robot Mars di lalu ini adalah kualitas yang kita miliki sebagai manusia.

Kita selalu memiliki rasa ingin tahu dan mencari peluang. Kita memiliki semangat dan wawasan untuk menjelajahi Bulan, Mars, dan sebagainya.

Tapi jika penjelajah ingin menjadi kualitas kita sebagai bangsa, kita melewatkan hal paling penting: ketekunan (Perseverance).

Kita sebagai manusia berevolusi sebagai makhluk yang bisa belajar beradaptasi dengan situasi apa pun, tidak peduli seberapa kerasnya.

Kita adalah spesies penjelajah, dan kita akan menemui banyak kemunduran dalam perjalanan ke Mars.

Namun, kita bisa bertahan. Kita, bukan sebagai sebuah bangsa, tetapi sebagai manusia tidak akan menyerah.

Umat manusia akan selalu bertahan di masa depan. " Tulis Alexander Mather dalam esainya. (3)

Roket Atlas V dengan rover Perseverance tiba di Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Rover Ketekunan akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Mars dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan untuk diluncurkan pada 30 Juli 2020 dan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021. Ini juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi.
Roket Atlas V dengan rover Perseverance tiba di Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Rover Ketekunan akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Mars dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan untuk diluncurkan pada 30 Juli 2020 dan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021. Ini juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi. (Gregg Newton / AFP)

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Nur)



Nama Perseverance
Kategori Rover/Robot penjelajah
Pembuat NASA
Misi Mencari jejak kehidupan di Mars
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved