Susul China, NASA Siap Luncurkan Robot Perseverance Sore Nanti untuk Eksplorasi Planet Mars

NASA siap meluncurkan robot penjelejah Perseverance ke Mars, sore nanti, Kamis (30/7/2020)


zoom-inlihat foto
roket-atlas-v-perseverance.jpg
Gregg Newton / AFP
Roket Atlas V dengan rover Perseverance tiba di Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Rover Ketekunan akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Mars dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan untuk diluncurkan pada 30 Juli 2020 dan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021. Ini juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) siap untuk meluncurkan robot penjelajah mereka, Perseverance untuk misi eksplorasi Mars.

Peluncuran ini menyusul China dengan misi yang sama beberapa waktu lalu.

Rover ini rencananya akan diluncurkan pada Kamis (30/7/2020) pukul 07.50 EDT atau sekitar pukul 18.50 WIB.

Tujuan NASA adalah mencari tanda kehidupan di Mars, seperti diberitakan Al Jazeera.

Untuk itu, NASA meluncurkan penjelajah seukuran mobil bernama Perseverance yang dapat membantu menjawab beberapa pertanyaan mendasar tentang kehidupan di alam semesta.

Meski telah menjelajahi Mars selama beberapa dekade, NASA masih menyimpan pertanyaan, 'adakah kehidupan di Mars?'

Jika semua sesuai rencana, Perseverance akan mencapai Mars dalam 6,5 bulan mendatang.

Berikut ini adalah fakta robot penjelajah ruang angkasa NASA Perseverance dirangkum TribunnewsWiki.com.

Nama 'Perseverance' Diusulkan Siswa Berusia 13 Tahun

Alex Mather yang berusia tiga belas tahun berbicara kepada media di depan mock-up bajak Ketekunan di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Mather bertanggung jawab atas penamaan rove. Ketekunan diatur untuk diluncurkan pada 30 Juli 2020. Ini akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021 dan juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi.
Alex Mather yang berusia tiga belas tahun berbicara kepada media di depan mock-up bajak Ketekunan di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 28 Juli 2020. Mather bertanggung jawab atas penamaan rove. Ketekunan diatur untuk diluncurkan pada 30 Juli 2020. Ini akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kemungkinan kembali ke Bumi. Atlas V adalah salah satu roket terbesar yang tersedia untuk penerbangan antarplanet, setelah juga meluncurkan InSight dan Curiosity ke Mars. Kendaraan peluncuran disediakan oleh United Launch Alliance. Ketekunan dijadwalkan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021 dan juga akan membawa Helikopter Mars sebagai bagian dari demonstrasi teknologi. (Gregg Newton / AFP)

 

Baca: Satelit Jupiter - Io

Baca: Planet Saturnus

Dilansir TribunnewsWiki.com dari BBC.com, untuk memilih nama robot penjelajah itu, diadakan kompetisi yang dilakukan di sekolah.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved