Video Viral, Ibu-Ibu di NTT Tolak Tes Swab dan Lempari Tenaga Medis Covid-19 dengan Beras dan Jagung

Mereka juga terlihat memecahkan sejumlah perabotan dapur dan mengusir petugas yang tengah mempersiapkan peralatan tes swab


zoom-inlihat foto
ibu-ibu-ntt.jpg
Kompas.com
Sejumlah ibu di Desa Parumaan, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, NTT menolak para petugas Covid-19 yang akan menggelar tes swab, Minggu (31/5/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM -Sejumlah ibu terlihat, dalam sebuah video, melempari petugas petugas medis dari Satgas Covid-19 dengan beras dan jagung.

Peristiwa pelemparan ini terjadi di Kecamatan Alok Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kemudian viral di media sosial.

Diberitakan oleh Kompas.com, peristiwa tersebut terjadi pada hari Minggu (31/5/2020) di Desa Perumaan.

Saat itu, sejumlah ibu menolak menjalani tes swab yang akan digelar petugas medis Covid-19.

Mereka juga terlihat memecahkan sejumlah perabotan dapur dan mengusir petugas yang tengah mempersiapkan peralatan untuk melakukan tes swab.

Namun, menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Sikka, Petrus Herlemus, setelah diberi penjelasan prosedur pengambilan tes swab, para ibu akhirnya bersedia jalani tes.

"Spesimen swab yang telah diambil akan kirim ke Kupang dalam waktu dekat," ungkap Petrus kepada Kompas.com, melalui sambungan telepon, Senin (1/6/2020) malam.

Menurut Petrus, pada Sabtu (30/5/2020), petugas medis sebetulnya sudah datang ke desa tersebut untuk melakukan tes swab.

Sayangnya, warga bersikeras menolak tes swab dan mengusir petugas. Dengan mempertimbangkan keamanan, para petugas memilih untuk menundanya.

Baca: Dapat Obat Covid-19 dari China, Gubernur Maluku Sebut Obatnya Terbukti Sembuhkan Pasien Virus Corona

Baca: Dokter di Italia Ungkap Virus Corona Telah Melemah dan Berbeda Dibanding 2 Bulan yang Lalu

Seorang pekerja medis mengambil swab di Shulan, provinsi Jilin. Kota telah dikunci untuk menampung wabah cluster. Foto: Xinhua
Seorang pekerja medis mengambil swab di Shulan, provinsi Jilin. Kota telah dikunci untuk menampung wabah cluster. Foto: Xinhua (Xinhua)


Tak Bisa Tunjukkan SIKM, 5 Penumpang Kereta Asal Surabaya Dites Swab dan Dikarantina











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved