Tanggalkan Atributnya, Sheriff Ini Bergabung dalam Demo Kematian George Floyd: Ayo Berjalan Bersama!

Mereka menjadi bagian dari aksi besar pergerakan menyikapi kematian George Floyd, yang tewas ketika dibekuk di Minneapolis Senin (25/5/2020).


zoom-inlihat foto
sheriff-ikut-demo1.jpg
sbs.com.au
Sheriff Genesee County Michigan, Chris Swanson berbaris dengan pengunjuk rasa ketika mereka berbicara menentang kematian George Floyd. Sumber: Twitter 'rightfromjumps1'


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Seorang sheriff Genesee County, Christopher Swanson ikut bergabung dalam aksi demonstrasi kematian George Floyd.

Video yang memperlihatkan aksi Sherif Swanson tersebut tersebar luas di media sosial.

Dalam video itu, Swanson tampak telah melepaskan peralatan anti huru-hara yang dipakainya, dan meyakinkan pengunjuk rasa dia bersama mereka.

"Kami benar-benar ingin bersama kalian semua, jadi saya menanggalkan helm dan meletakkan tongkat saya. Saya ingin menjadikan ini parade, bukan protes," kata Swanson seperti dikutip dari SBS.com.au.

Swanson mengatakan, mereka bisa melihat massa bergerak menuju ke kantor ketika mereka tengah mengenakan perlengkapan anti huru-hara.

Merasa tidak yakin bisa menghadapi demonstran, Swanson melihat ada salah satu penegak hukum tos dengan seseorang dalam barisan massa.

Di saat itulah, Swanson langsung mengetahui bahwa masih ada jalur komunikasi yang bisa diusahakan antara penegak hukum dan pendemo.

Karena itulah, dia kemudian memutuskan untuk menanggalkan pakaian pelindung, mengabaikan persiapan yang dilakukan, dan mendekati pemimpin massa.

"Dan saya bertanya, 'Apa yang harus saya lakukan?' Mereka menjawab 'berjalanlah bersama kami'. Momen terbaik karier saya adalah ketika berujar 'ayo berjalan'," kata dia.

Baca: John Cusack Dilaporkan Diserang oleh Polisi saat Demo Terkait Kematian George Floyd di Chicago

Baca: Buntut Tewasnya George Floyd di Tangan Polisi, Gelombang Protes Muncul di 20 Kota di AS

Setelah itu Swanson dan massa berjalan sejauh satu kilometer, di mana dia mengaku seketika mendapatkan rasa damai di kedua pihak.

"Ini tidak akan terjadi jika mereka tak mendengarkan apa yang perlu saya katakan. Kesepakatan terjadi ketika saya mendengarkan keinginan mereka," jelasnya.

Ratusan pengunjuk rasa, baik dalam mobil maupun berjalan kaki, bergerak dari Miller Road di Flint Township, pada Sabtu (30/5/2020).

Mereka menjadi bagian dari aksi besar pergerakan menyikapi kematian George Floyd, yang tewas ketika dibekuk di Minneapolis Senin (25/5/2020).

Swanson mengatakan, aksi polisi yang menindih leher Floyd, Derek Chauvin, selama hampir sembilan menit merusak kinerja polisi.

Dia kemudian menekankan apa yang diperbuat Chauvin bukanlah cara mereka.

"Saya yakinkan, karena dia bukan bagian kami, jadi perilakunya tak dibenarkan," ucapnya.

Lebih lanjut, Swanson menyerukan kepada seluruh penegak hukum agar mengambil langkah berbeda dalam menenangkan demonstran.

"Masyarakat yang ingin mengatakan sesuatu akan terus berbuat kerusuhan jika tidak ada yang mendengarkan mereka," ucap sang Sheriff.

"Para pemimpin polisi, turunlah dari podium konferensi pers kalian maupun dari ruang komando, dan bicaralah dengan rakyat," tukasnya.

Baca: Deretan Selebriti Hollywood yang Turun ke Jalan untuk Ikut Demo Terkait Kematian George Floyd

Kisah serupa





ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved