Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Bertambah, Perlukah Melaksanakan Wacana Pelonggaran PSBB?

Wacana relaksasi PSBB dan aturan new normal yang akan diterapkan dinilai terlalu berisiko membawa gelombang penyebaran covid-19 yang lebih berbahaya.


zoom-inlihat foto
presiden-jokowi-22.jpg
Kompas.com
Presiden Jokowi di Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang dilakukan secara virtual, Kamis (14/5/2020) pagi. Jokowi mengajak masyarakat berdoa supaya wabah corona segera pergi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan jika sampai saat ini belum ada aturan tentang adanya pelonggaran PSBB dalam dua pekan ke depan.

Namun sepertinya ancang-ancang untuk mulai menegakkan pelonggaran PSBB sudah disiapkan.

Terlebih, Jokowi pun telah melaksanakan rapat terbatas antar Kepala Negara dengan para menterinya pada Senin (18/5/2020) untuk membahas new normal di tengah pandemi corona ini.

Rapat terbatas tersebut dilakukan secara khusus untuk membahas persiapan menuju kondisi keadaan normal baru (new normal) yang akan diberlakukan secepatnya.

Kemudian, Menteri Koordinasi bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku jika rapat terbatas tersebut juga membahas tentang relasasi PSBB.

Relaksasi atau pelonggaran tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan atau memulihkan keadaan ekonomi negara karena imbas pandemi.

Namun, sampai saat ini belum diputuskan kapan relaksasi PSBB tersebut akan dilaksanakan.

Ia juga menambahkan jika Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk bersiap menghadapi new normal yang akan diterapkan pemerintah.

Keadaan normal baru ini merupakan keadaan ketika masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal, tetapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Baca: Andre dan Rina Nose Dipolisikan karena Dianggap Hina Marga Latuconsina, Prilly: Tidak Niat Meledek

Baca: Warga Berkerumun Belanja Baju Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Mal SGC Cikarang Ditutup Sementara

Baca: Lebaran di Tengah Corona, Pengamat Sebut Aturan Pemerintah Terkait Mudik Membingungkan Masyarakat

"Bapak Presiden menekankan pentingnya kita harus bersiap siaga untuk menghadapi era normal baru, kehidupan normal baru," kata Muhadjir usai rapat dengan Presiden, Senin.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved