Walau Sebut Jokowi Orang Baik, Din Syamsuddin: 'Presiden Tak Kuasa Atasi Orang Buruk di Sekitarnya'

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, mengkritik Jokowi yang tak mampu melepas belenggu dari para mafia di sekitarnya.


zoom-inlihat foto
jokowi-dikritik-din-syamsuddin.jpg
Kolase channel YouTube Najwa Shihab/Refly Harun
Presiden Joko Widodo mendapat kritik dari Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin karena tak mampu atasi orang-orang "buruk" di sekeliling kekuasaannya.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kritik kembali dilancarkan oleh tokoh nasional kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dua periode berjalan saat ini.

Kali ini giliran mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, yang berbicara tentang dinamika yang ada di sekitar lingkungan Presiden Jokowi.

Din Syamsuddin bercerita beberapa hal dan pengalaman dirinya berinteraksi dengan Presiden Jokowi dalam wawancara di channel Youtube milik ahli hukum tata negara, Refly Harun

Din Syamsuddin yang kini juga masih menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada dasarnya adalah orang yang baik.

Sebelumnya, Din Syamsuddin adalah tokoh nasional yang dekat dengan Jokowi dan hampir menjadi Ketua Dewan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), yang dibubarkan pada 2018 dan berganti menjadi BPIP atau Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Baca: Kritik Pengesahan Revisi UU Minerba, Refly Harun: Kenapa Presiden dan Menteri Tidak Membela BUMN?

Baca: Jawab Kritik Soal Kenaikan Iuran BPJS, Istana: Negara Juga Dalam Situasi Sulit

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. (Tribun Timur)

Meski begitu Presiden Jokowi dikelilingi sejumlah pihak yang berniat buruk dengan hanya cari untung semata dengan jabatannya saat ini.

Dalam video Youtube Refly Harun tersebut, Din Syamsuddin menyebut ada beberapa pihak yang secara gamblang  hanya mencari keuntungan ketika berada dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Ternyata ada juga pihak-pihak yang mencari keuntungan dari posisinya (presiden) di negara ini," kata Din Syamsuddin di YouTube Refly Harun yang diunggah pada Selasa (12/5/2020).

Meski menilai Presiden Jokowi adalah orang yang baik, namun Din Syamsuddin menyatakan bahwa Jokowi sendiri tak mampu mengatasi "orang jahat" disekitarnya tersebut.

Baca: WHO Sebut Covid-19 Tak Akan Pernah Hilang, Jokowi: Kita Harus Hidup Berdampingan dengan Covid-19

"Pada hemat saya, pak Jokowi itu orang baik."

"Saya tahu saya sering berinteraksi dengan beliau, selama saya jadi utusan khusus setahun lebih."

"Cuma saya bilang, bapak sebentar, ini terlalu terbuka ya, bapak (Jokowi) ini orang baik tapi saya lihat bapak ini tidak mampu mengatasi orang-orang yang berniat buruk di sekitar bapak," ungkap Din Syamsuddin.

Jokowi pernah meminta bantuan Muhammadiyah atasi mafia

Din Syamsuddin lalu mengungkapkan bahwa PP Muhammadiyah pernah dimintai bantuan langsung oleh Jokowi untuk membantu pemerintahannya mengatasi mafia.

"Beliau dulu pernah minta tolong kepada PP Muhammadiyah, untuk membantu pemerintah menghadapi dan mengatasi mafia."

"Disebutkannya mafia itu dari satu sampai dari mafia beras, mafia gula, mafia garam, mafia daging, sampai mafia pendidikan, itu jumlahnya belasan," ujar Din Syamsuddin.

Pembicaraan antara Refly Harun dan Din Syamsuddin di channel Youtube Refly Harun.
Pembicaraan antara Refly Harun dan Din Syamsuddin di channel Youtube Refly Harun. (Youtube Refly Harun.)

Din kemudian menyanggupi permintaan bantuan tersebut, namun yang terjadi justru para mafia semakin merajalela.

"Saya bilang siap, tapi apa yang terjadi? Mafia merajalela, mafia semakin merajalela," ucapnya.

Pria yang menjabat Ketua Umum PP Muhammadiyah sejak 2005 hingga 2015 itu lantas mengatakan bahwa keberadaan mafia yang berada di lingkungan Jokowi bisa merusak tatanan pemerintahan.

Meski tahu keberadaan mafia tersebut, Din Syamsyuddin tak mau menyebutkan siapa saja mafia yang ia maksud pada wawancara di Youtube Refly Harun tersebut.





Halaman
123
Penulis: Haris Chaebar
Editor: haerahr






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved