Jokowi Resmi Larang Mudik Lebaran, Menko Luhut Ungkap Sanksi Bagi yang Nekat Berlaku Mulai 7 Mei

Presiden Jokowi resmi melarang adanya Mudik Lebaran 2020 dengan pemberian sanksi berupa pemulangan paksa pemudik yang nekat.


zoom-inlihat foto
presiden-jokowi-icara-soal-lockdown-dalam-konferensi-pers-di-istana-kepresidenan-bogor-jawa-barat.jpg
KompasTV
Presiden Jokowi bicara soal lockdown dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020).(KompasTV)


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Indonesia Joko Widodo akhirnya mengeluarkan pernyataan resminya terkait dengan larangan Mudik Lebaran pada Selasa (21/4/2020).

Dalam rapat terbatas (ratas) melalui video conference, pelarangan mudik tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi.

"Saya ingin mengambil keputusan. Setelah larangan mudik bagi ASN TNI, Polri dan Pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu lalu,"

"Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," tegas Jokowi.

Baca: RESMI! Presiden Jokowi Umumkan Larangan Mudik Lebaran 2020 untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Tidak hanya itu, ia juga meminta seluruh jajarannya untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pelarangan mudik tahun ini.

Kemudian setelah adanya pelarangan tersebut, pemerintah melalui Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati memastikan akan ada sanksi bagi warga yang melanggar.

Ia menyampaikan pemerintah akan tegas dalam pemberian sanksi bagi warga yang nekat datang ke kampung halaman dari kawasan zona merah Covid-19.

ILUSTRASI - Sejumlah kendaraan pemudik antrean panjang saat memasuki jalan tol Cipali km 42, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017). H-4 jelang Lebaran 2017, sejumlah kendaraan pemudik mulai memadati Tol Cipali menuju tol Fungsional Brebes-Pemalang Jawa Tengah. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
ILUSTRASI - Sejumlah kendaraan pemudik antrean panjang saat memasuki jalan tol Cipali km 42, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017). H-4 jelang Lebaran 2017, sejumlah kendaraan pemudik mulai memadati Tol Cipali menuju tol Fungsional Brebes-Pemalang Jawa Tengah. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

Nantinya, sanksi tersebut akan diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan yang mengatur tentang larangan mudik lebaran 2020.

"Salah satu sanksi yang paling mungkin diberikan adalah meminta pemudik yang mencoba keluar dari zona PSBB atau zona merah untuk kembali. Itu salah satu sanksinya," kata Adita kepada Kompas.com, Selasa (21/4/2020).











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved