Kabar Duka, Pejuang Hak Sipil AS Pendeta Joseph Echols Lowery Wafat di Usia 98 Tahun

Salah seorang pemimpin hak-hak sipil Amerika Serikat, Pendeta Joseph Echols Lowery wafat di usia 98 tahun pada Jumat (27/3/2020).


zoom-inlihat foto
joseph-echols-lowery-234.jpg
WIN MCNAMEE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP
Aktivis dan pejuang hak sipil Amerika Serikat, Joseph Echols Lowery wafat pada usia 98 tahun. Foto: Joseph Lowery saat diberi Medal of Freedom oleh Presiden AS, Barrack Obama


Salah seorang pemimpin hak-hak sipil Amerika Serikat, Pendeta Joseph Echols Lowery wafat di usia 98 tahun pada Jumat (27/3/2020).

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kabar duka, salah seorang pemimpin hak-hak sipil Amerika Serikat, Pendeta Joseph Echols Lowery wafat di usia 98 tahun pada Jumat (27/3/2020).

Lahir pada tahun 1921, Lowery pernah berjuang bersama tokoh-tokoh gerakan sipil seperti Martin Luther King Jr dan Jesse Jackson.

Wafatnya Pendeta Joseph Lowery dikonfirmasi oleh Imara Canady, seorang petinggi Joseph & Evelyn Lowery Institute, dilansir CNN, Sabtu (28/3/2020).

Ia membantu mendirikan Konferensi Pemimpin Kristen/Southern Christian Leadership Conference (SCLC), sebuah kelompok pejuang hak sipil yang diinisiasi oleh Martin Luther King.

Baca: Hari Ini Dalam Sejarah, 25 Maret 1967: Martin Luther King Jr Pimpin Aksi Damai Anti-Perang Vietnam

Joseph Lowery Martin Luther King Jr Wyatt Tee Walker
Joseph Lowery (tengah) bersama Martin Luther King Jr (kiri), dan Wyatt Tee Walker (kanan) dalam sebuah pertemuan (Twitter @TheKingCenter)

Pada tahun 2009, Joseph Lowery pernah dipilih untuk berbicara dalam pelantikan Presiden AS, Barrack Obama.

Ia kemudian dianugerahi Medal of Freedom, sebuah penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat.

"Pendeta Joseph Lowery adalah pejuang untuk hak-hak sipil," kata anggota Kongres AS, John Lewis kepada The Atlanta Journal-Constitution, dikutip AFP (28/3/2020).

"Dia berbicara, bersuara, dan tak pernah menyerah. Dia berbaris dan dia memprotes (hak-hak sipil) di seluruh Amerika. Kami begitu sedih atas kepergiannya malam ini," kata Lewis.

"Malam ini, Pendeta Joseph E. Lowery telah pergi dari bumi menuju keabadian. Duka cita dan doa kami untuk keluarganya," cuit King Centre di Atlanta melalui media sosial Twitter.

Baca: Hari Ini Dalam Sejarah, 30 Januari 1956: Rumahnya Dibom, Martin Luther King Jr, Cintai Musuh Kita

Perjuangan Hak-Hak Sipil di AS





Halaman
123
Penulis: Dinar Fitra Maghiszha




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved