Prediksi Menteri Kabinet Jokowi-Ma’ruf, Bakal Diisi Anak Presiden hingga Pengusaha Muda

Beberapa nama pun muncul dalam bursa kandidat menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf, mulai dari tiga anak mantan Presiden RI hingga pengusaha muda dan sukses


zoom-inlihat foto
jokowi-maruf.jpg
Tribunnews.com
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung melambaikan tangan usai memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menyatakan akan menunggu hasil resmi dari KPU meskipun sejumlah lembaga survei memenangkan mereka dalam hitung cepat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Beberapa nama pun muncul dalam bursa kandidat menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf, mulai dari tiga anak mantan Presiden RI hingga pengusaha muda dan sukses

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Jelang pelantikan presiden tanggal 20 Oktober 2019, desas desus terkait siapa saja yang akan masuk dalam jajaran kabinet Jokowi-Maruf semakin sering terdengar.

Beberapa nama pun muncul yang kemudian diyakini akan mengisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

M Qodari, seorang pengamat politik memprediksi 55 persen kabinet akan diisi dari kalangan professional dan 45 persen sisanya dari kalangan politik.

Dari unsur politik, Qodari memprediksi beberapa nama yang akan digaet Jokowi, termasuk didalamnya ada Yenny Wahid, Ilham Habibie hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Yenny Wahid (Tribunnews/Jeprima)
Yenny Wahid (Tribunnews/Jeprima) ((Tribunnews/Jeprima))

"Misalnya dari PDI Perjuangan pak Budi Gunawan, Eriko Satorduga dan yang lain. Di luar itu, nama-nama yang mungkin mewakili kelompok atau ormas besar. Atau, dari keluarga politisi atau anak Presiden. Misalnya, Yenny Wahid, putri Presiden Keempat, Gusdur," kata Qodari.

"Dugaan saya Yenny masuk kabinet, berpeluang. Kemudian, Ilham Habibie anaknya pak Habibie. Ilham yang notabene punya perhatian kepada masalah sosial poltik, di ICMI. Kemudian yang pasti ingin masuk juga dan sinyalnya jelas dari Demokrat adalah AHY, putra pak SBY," lanjut Qodari seperti ditulis Tribunnews.com.

Pendapat yang sama diungkapkan oleh Ray Rangkuti yang menilai bahwa dengan memasukkan Yenny Wahid dan Ilham Habibie sebagai menteri akan memberikan dampak posistif bagi Jokowi.

Baca: TERUNGKAP Buzzer untuk Istana, Seword Ungkap Nama di Tim : Denny Siregar, Abu Janda dan Eko Kuntadhi

Baca: Prediksi Menteri Kabinet Jokowi-Maruf, 3 Anak Mantan Presiden Minus Anak Megawati hingga 3 Srikandi

ilham habibie
Ilham Habibie (IST)

"Tentu memiliki keuntungan politik, setidaknya hal ini dapat memperkuat barisan dukungan dari kalangan masyarakat sipil," ujar Ray Rangkuti dikutip Tribunnewswiki dari Tribunnews pada Rabu (9/10/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan cucunya, Jan Ethes Srinarendra menyambut Komandan Kogasma Partai Demokrat. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istri, Annisa Pohan yang hadir untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tahun ini mengangkat tema
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan cucunya, Jan Ethes Srinarendra menyambut Komandan Kogasma Partai Demokrat. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istri, Annisa Pohan yang hadir untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tahun ini mengangkat tema "SDM Unggul Indonesia Maju". Warta Kota/Alex Suban (Tribunnews.com)

Berbeda dengan tiga anak presiden yang diprediksi masuk jajaran menteri Jokowi, putra dari Presiden Megawati Soekarnoputri, Pranananda Prabowo justru diprediksi sebaliknya.

Hal tersebut dinilai berkaitan dengan pembagian tugas antara Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Baca: Bahlil Lahadalia

Baca: Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid (Yenny Wahid)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved