Film Dokumenter BBC tentang Narendra Modi Dilarang Beredar di India

Film ini menyoroti dugaan keterlibatan Modi dalam peristiwa kerusuhan 20 tahun silam yang menelan banyak korban jiwa.


zoom-inlihat foto
perdana-menteri-india-modi-2.jpg
HANDOUT / PIB / AFP
Perdana Menteri India Narendra Modi (tengah) berjalan bersama komandan militer setelah dirinya sampai di Leh, Ladakh (3/7/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sebuah film dokumenter buatan BBC yang mengisahkan masa lalu Perdana Menteri India Narendra Modi dilarang beredar di India.

Film itu menyoroti dugaan keterlibatan Modi dalam peristiwa kerusuhan 20 tahun silam yang menelan banyak korban jiwa.

Seorang penasihat senior pada Kementerian Informasi dan Penyiaran India, Kanchan Gupta, mengatakan keputusan itu dikeluarkan dengan "kekuasaan darurat" yang dimiilik oleh pemerintah.

"Video yang membagikan propaganda permusuhan dan sampah anti-India @BBCWorld, disamarkan sebagai film 'dokumenter', di @Youtubr dan twit yang membagikan film dokumenter BBC itu telah diblok melalui aturan dan hukum yang berdaulat di India," kata Gupta melalui Twitter, (21/1/2023), dikutip dari CNN International.

Film dokumenter berjudul India: The Modi Question itu terdiri atas dua bagian. Film itu mengkritik Modi yang kala itu masih menjadi kepala menteri di negara bagian Gujarat tahun 2002. Saat itu muncul kerusuhan antara umat Hindu dan umat Islam yang menjadi minoritas.

Baca: Kisah Pilu Wanita India Diseret dengan Mobil hingga Tewas setelah Tabrakan

Kerusuhan itu terjadi setelah adanya peristiwa pengeboman di kereta api yang menewaskan puluhan umat Hindu. Umat Islam kemudian disalangkan atas peristiwa tragis itu.

Situasi memburuk karena sekelompok warga beragama Hindu membakar rumah dan toko milik warga beragama Islam. Menurut perkiraan pemerintah, ada lebih dari 1.000 orang yang tewas dalam peristiwa itu. Mayoritas adalah muslim.

Baca: Beredar Video Bentrokan Tentara India vs. Tiongkok, Tongkat & Batu Jadi Senjata

Modi sempat membantah tudingan bahwa dia gagal menghentikan kerusuhan itu. Kemudian, pada tahun 2012 tim investigasi yang dibentuk oleh Mahkamah Agung tidak menemukan adanya bukti untuk menyalahkan Modi.

Modi dan Partai Bharatiya Janata (PBJ) selanjutnya berkuasa di India tahun 2014. Dia memanfaatkan gelombang nasionalisme Hindu di India.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi, menyebut film dokumenter itu sebagai "propanda yang dirancang untuk mendorong narasi tertentu yang tidak dipercayai".

"Film itu membuat kita bertanya-tanya tentang tujuan penggunaannya dan agenda di baliknya dan terus terang saja kita tidak berharap untuk menghargai upaya seperti itu," kata dia saat konferensi pers hari Kamis, (26/1/2023).

Di sisi lain, dalam pernyataannya, BBC mengatakan film itu dibuat dengan "riset yang sangat ketat". Selain itu, menurut BBC film itu juga mempertimbangkan "sejumlah sumber, saksi, dan pakar, termasuk komentar dari orang-orang di dalam PBJ".

BBC mengklaim pemerintah India menolak berkomentar ketika dihubungi oleh BBC.

Baca: Guru di India Diduga Pukul Siswa hingga Tewas karena Salah Mengeja

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang India di sini.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved