Jumlah Umat Kristen di England Kini Kurang dari Setengah Jumlah Penduduk

Jumlah penganut Kristen di England dan Wales kini telah berkurang hingga menjadi setengah dari jumlah penduduk.


zoom-inlihat foto
Istana-Westminster-di-London.jpg
HOLLIE ADAMS / AFP
Istana Westminster di London, salah satu landmark Inggris.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Berdasarkan sensus nasional terbaru, jumlah penganut Kristen di England dan Wales kini telah berkurang hingga menjadi setengah dari jumlah penduduk.

Hanya ada sebanyak 46 persen atau 27,6 juta warga yang mengaku memeluk Kristen. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah sensus di Inggris.

Kendati demikian, tidak ada agama lain yang mengalahkan Kristen dalam sensus itu. Dalam survei yang digelar oleh Biro Statistik Nasional, banyak yang responden yang mengaku bahwa mereka "tidak beragama". Jumlah itu mencapai 37 persen atau 22,2 juta.

Terdapat kenaikan sebesar 12 persen dari angka sensus tahun 2011 lalu tentang warga yang tidak beragama.

Seorang guru besar di King's College, London, bernama Linda Woodhead mengatakan warga yang memilih "tidak beragama" belum tentu tidak memiliki sistem kepercayaan.

"Beberapa akan menjadi ateis, ada banyak yang akan menjadi agnostik. Mereka tinggal berkata, 'Sya tidak benar-benar tahu,' dan beberapa akan menjadi spiritual dan melakuan hal yang spiritual," kata Woodhead kepada BBC, dikutip dari United Press International, (30/11/2022).

Baca: Sejumlah Fakta All England 2021, dari Rekor Baru hingga Kontroversi yang Muncul

Perubahan jumlah penganut Kristen dan warga yang "tak bergama" paling banyak terjadi di Wales. Di sana "Kristen" mencapai angka 14 persenm sedangkan warga tak bergama mencapai 14,5 persen.

Baca: Qatar 2022, Suporter Inggris Dilarang Berpakaian seperti Tentara Salib

Di sisi lain, London menjadi palung beragam dalam hal keagamaan. Lebih dari 25 persen responden mengatakan agama mereka bukan Kristen.

"Tidak ada negara di Eropa yang memiliki situasi keagaaman seperti kita dalam hal hukum dan kebijakan masyarakat, sementara pada waktu sama memiliki penduduk nonreligius seperti itu.

Survei keagamaan menjadi bagian sukrela dalam sensus penduduk di Inggris mulai tahun 2001. Warga punya pilihan untuk menulis agama lain yang tidak tercantum dalam sensus.

Agama lain yang paling sering ditulis ialah "Pagan" dengan jumlah responden mencapai 74.0000. Pada posisi kedua ada Alevisme, sebuah tradisi Islam yang lazim di Turki. Ada 26.000 personden yang mengaku menganut Alevism. Adapun posisi ketiga ditempati oleg Jainisme, agama yang berasal dari India.

Kepercayaan "Shamanisme" juga meningkat dari 650 menjadi 8.000 dalam satu dekade terakhir. Sementara itu, respinden yang memilih "agnostik" berjumlah 32.000, sedangkan "ateis" berjumlah 14.000.

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Inggris di sini.

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved