Mengenal Relawan Pendekar Indonesia, Saragi: Mempercantik Keindahan Bangsa Melalui Bidang Politik

Inilah yang perlu kamu ketahui tentang Relawan pendekar Indonesia, simak lengkapnya di sini


zoom-inlihat foto
Ketua-sekaligus-salah-satu-pendiri-Pendekar-Indonesia-Dr-Hendrawan-Saragi.jpg
Tribunnnewswiki
Ketua sekaligus salah satu pendiri Pendekar Indonesia - Dr. Hendrawan Saragi


TRIBUNNEWSWIKI.COM, JAKARTA - Filsafat Nusantara mengajarkan agar setiap orang berusaha mempercantik keindahan dunia (memayu hayuning bawana).

Secara sederhana, gagasan dasar dari filosofi ini dapat dipahami bahwa lingkungan sosial yang ada sekarang ini perlu dirawat dan ditingkatkan keindahannya.

Tujuan memayu hayuning bawana adalah sebuah kehidupan yang tertata dan tenteram.

Berangkat dari ajaran nenek moyang ini, sekelompok anak muda berkumpul dan menyatukan diri dalam kumpulan relawan yang diberi nama 'Pendekar Indonesia'.

Menurut Ketua sekaligus salah satu pendirinya, Dr. Hendrawan Saragi, Pendekar Indonesia bertekad mempercantik keindahan bangsa melalui bidang politik.

Sebab menurutnya, politik adalah bidang yang tampak sering terlewat dari pandangan orang untuk dipercantik atau diperindah.

Untuk itu, sebagai kumpulan relawan yang terdiri dari latar belakang etnis, agama, dan sosial ekonomi, Pendekar Indonesia memiliki komitmen pada ide kemajuan ekonomi politik dan kemanusiaan di Indonesia.

Relawan yang didirikan pada 1 Oktober 2022 ini merupakan perpaduan sinergis dari wadah para pemikir, pusat pengorganisasian komunitas, dan inkubator untuk tindakan politik demi mempercantik keindahan Indonesia.

Baca: Mantan Politikus Rusia: NRA Ada di Balik Bom Mobil yang Tewaskan Putri Sekutu Putin

Baca: Begini Alur Pendaftaran Partai Politik, Verifkasi dan Penetapan Peserta Pemilu 2024

“Kami menyimpulkan, pengalaman berbangsa Indonesia dicirikan oleh tiga kemampuan yang terintegrasi, yaitu pengenalan akan kebenaran, keadilan, dan keindahan. Manusia dapat membedakan antara yang benar dan yang salah, yang adil dan tidak adil, maupun yang indah dan yang jelek. Kehidupan berbangsa Indonesia yang utuh tidak hanya harus jujur dan adil, tapi berjuang menuju keindahan,” kata Saragi di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Menurut pria yang juga pakar pengembangan wilayah itu, Pendekar Indonesia bisa menjadi rumah yang menampung pemikiran dan tindakan para aktivis dari spektrum yang luas.

“Berbagai komunitas boleh bergabung dalam Pendekar Indonesia, asal punya tujuan sama, yaitu mempercantik keindahan bangsa,” ucap Saragi.

Putra Batak itu mengatakan, keindahan adalah tatanan dan konstruksi nilai-nilai dari konstitusi UUD 1945 dan dari tradisi adiluhung masyarakat yang semuanya memberikan kegembiraan bagi jiwa masyarakat Indonesia.

Saat ini Pendekar telah membentuk enam koordinator wilayah di Nusantara, antara lain: DKI, Sumatra Utara, Jawa tengah, Jawa Timur, Papua, dan Sulawesi Utara. Saragi berharap makin banyak lagi komunitas atau pribadi-pribadi yang akan bergabung dengan Pendekar Indonesia.

“Kami mengundang semua anak kandung Ibu Pertiwi untuk berikhtiar mempercantik indahnya kehidupan berbangsa di Indonesia,” ujar Saragi.

Ia juga mengatakan, ke depan keindahan
berbangsa dapat dicapai juga dengan adanya pemimpin nasional yang tegas, cerdas, dan pantas.

“Kami perlu terus menyuarakan apa yang menurut kami dapat membantu bangsa ini meraih cita-cita itu,” ujarnya.

Mencari Pemimpin Nasional 2024-2029

Ketua sekaligus salah satu pendiri Pendekar Indonesia - Dr. Hendrawan Saragi
Ketua sekaligus salah satu pendiri Pendekar Indonesia - Dr. Hendrawan Saragi (Tribunnnewswiki)

Menjelang Pemilihan Presiden di tahun 2024 Saragi mengaku pihaknya telah melihat dan merasakan di mana-mana semangat kemauan yang luar biasa untuk berkomitmen, keinginan yang tak kenal lelah untuk membangun bangsa.

“Ini adalah momen yang perlu dimaksimalkan untuk menyadarkan semua unsur masyarakat akan pentingnya kehidupan yang indah dalam
berbangsa. Untuk itu kami mempromosikan kandidat calon presiden mendatang yang dinilai dengan akal sehat memenuhi kriteria keindahan Pendekar Indonesia,” terang Saragi.

Tokoh yang dimaksudkan Pendekar Indonesia adalah Jenderal Andika Perkasa.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved