Militer Burkina Faso Bubarkan Pemerintahan, Presiden Damiba Dicopot

Militer mencopot Letnan Kolonel Paul-Henri Damiba dari jabatannya sebagai Presiden Burkina Faso.


zoom-inlihat foto
Warga-Burkina-Faso.jpg
OLYMPIA DE MAISMONT / AFP
Warga Burkina Faso berdemonstrasi ketika tentara dikerahkan ke Ibu Kota Ouagadougou, Jumat (30/9/2022). Sempat terdengar tembakan pada dini hari di dekat Istana Kepresidenan Burkina Faso.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Militer Burkina Faso mengumumkan pembubaran pemerintahan saat ini serta pencopotan Letnan Kolonel Paul-Henri Damiba dari jabatannya sebagai presiden, (30/9/2022).

Pejabat militer bernama Kiswendsida Farouk Azaria Sorgho mengatakan Damiba digantikan oleh Ibrahim Traore, seorang kapten angkatan darat.

Sorgho mengatakan Damiba telah "mengkhianati" militer yang berusaha memulihkan keamanan di Burkina Faso.

"Rakyat Burkina Faso menghadapi penurunan situasi keamanan. Kita sudah berusaha beberapa kali untuk kembali memfokuskan transis dalam permasalahan keamanan," kata Sorgho dikutip dari CNN International.

Burkina Faso saat ini menjadi negara junta militer dan dikontrol oleh Gerakan Patriotis untuk Perlindungan Keamanan dan Pemulihan (MPSR). MPSR berkuasa sejak awal tahun ini.

Baca: Presiden Burkina Faso Roch Kabore Dikudeta Militer, Keberadaannya Tidak Diketahui

Sempat terdengar tembakan keras di ibu kota Burkina Faso, Ouagadougou, sehari sebelum militer mengumumkan pembubaran pemerintahan.

Damiba kemudian menjelaskan hal itu dipicu oleh "perubahan suasana hati" beberapa anggota militer. Pembicaraan juga sedang dilakukan.

Baca: Inggris Desak Negara Afrika yang Dilanda Kelaparan untuk Beternak Serangga

"Musuh yang menyerang negara kita hanya ingin membuat perpecahan di antara rakyat Burkina Faso demi mencapai destabilisasi," kata Damiba melalui Facebook.

Aktivitas warga Ouagadougou masih terlihat normal pada hari Jumat. Namun, suara tembakan keras muncul dari barak militer utama dan beberapa area permukiman warga sipil.

Beberapa tentara terlihat bersiaga di sepanjang jalan yang mengarah ke kantor presiden. Tentara juga melarang akses masuk ke gedung pemerintah dan TV nasional.

Damiba berkuasa setelah terjadi kudeta militer tanggal 24 Januari 2022. Saat itu Presiden Roch Kabore digulingkan dan pemerintahan dibubarkan.

Baca: Alami Krisis Pangan akibat Invasi Rusia, Afrika Minta Putin Permudah Ekspor Gandum Ukraina

Damiba berjanji akan memulihkan keamanan yang menurun akibat aksi kekerasan yang dilakukan oleh militan Islamis yang punya kaitan dengan Al-Qaeda. Namun, pemerintahannnya susah menetapi janji. Serangan terus terjadi dan militer dilanda kekacauan.

Pekan ini sekelompok orang tak dikenal menyerang konvoi kendaraan di sebuah kota di Burkina Faso bagian utara. Dalam serangan itu, 11 tentara tewas dan 50 warga sipil dilaporkan hilang.

Sejak tahun 2018, Burkina Faso bagian utara dan timur tidak bisa dikontrol oleh pemerintah. Jutaan warga sipil melarikan diri dari rumah mereka karena takut diserang oleh kelompok bersenjata. Sudah ada ribuan orang yang tewas akibat serangan ini.

Baca: Puluhan Remaja Afrika Selatan Ditemukan Mati Misterius di Klub Malam

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Burkina Faso di sini





Ikuti kami di


KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved