Kapal Induk AS Tiba di Korsel, Kirimkan Pesan Peringatan untuk Korut

Pejabat AS mengatakan USS Ronald Reagan akan mengikuti latihan militer bersama Korsel guna "unjuk gigi" kepada Korut.


zoom-inlihat foto
Kapal-induk-USS-Ronald-Reagan-CVN-76.jpg
YONHAP / AFP
Kapal induk USS Ronald Reagan (CVN-76) milik Amerika Serikat tiba di ROK Fleet Command, Busan, Korea Selatan, (23/9/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kapal induk USS Ronald Reagan milik Amerika Serikat (AS) tiba di Korea Selatan hari ini, (23/9/2022).

Ini adalah pertama kalinya kapal induk AS datang ke Korsel dalam empat tahun terahir.

Pejabat AS mengatakan USS Ronald Reagan akan mengikuti latihan militer bersama Korsel guna "unjuk gigi" kepada Korut dan memberikan pesan peringatan.

Dikutip dari Reuters, saat ini USS Ronald Reagan bersama satuan tempurnya berlabuh di Pelabuhan Busan.

Laksamana Muda Michael Donnely selaku komandan satuan tempur berujar bahwa kunjungan ini sudah lama direncanakan. Kata dia, tujuan kunjungan ini ialah membangun hubungan dengan sekutu AS, yakni Korsel, dan meningkatkan interopabilitas di antara angkatan laut AS dan angkatan laut Korsel.

"Kami meninggalkan pesan untuk para diplomat," kata Donnely ketika ditanya mengenai adakah pesan yang dikirimkan kepada Korut. Dia menyatakan latihan militer gabungan antara AS dan Korsel bertujuan untuk memastikan negara itu mampu merespons ancaman yang muncul.

"Ini kesempatan kami untuk mempraktikkan taktik dan operasi," kata dia menjelaskan.

Baca: Banyak Peristiwa Bunuh Diri di Kapal Induk AS, Ratusan Awak Terpaksa Dipindahkan

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol telah medesak adanya lebih banyak latihan militer bersama serta aksi pamer kekuatan. Aksi itu akan menjadi peringatan bagi Korut.

Korut sudah melakukan uji coba banyak rudal tahun ini. Selain itu, pengamat menyebut Korut bersiap melanjutkan uji coba nuklir yangs sempat ditangguhkan.

Baca: Bantah Tudingan AS, Korut Tegaskan Tak Jual Senjata kepada Rusia

Korut mengecam latihan militer AS dan Korsel. Bagi Korut, latihan itu adalah bukti "kebijakan permusuhan" yang diambil oleh kedua negara itu.

Terakhir kali kapal induk AS bertandang ke Korsel ialah tahun 2018 silam. Saat itu sekutu AS banyak mengurangi latihan militer demi mengusahakan diplomasi dengan Korut. Namun, upaya pembicaraan dengan Korut tidak berlanjut.

Saat ini ada sekitar 28.500 tentara AS yang ditempatkan di Korsel. Muncul pertanyaan mengenai apa yang dilakukan tentara AS di sana jika ada konflik di Taiwan.

Ketika Donnely ditanya mengenai hal itu, dia menolak buka suara. Kata dia, pertanyaan itu seharusnya ditujukan kepada para pejabat pembuat keputusan. Namun, Donnely berujar kerja sama militer dengan sekutu AS merupakan hal penting dalam upaya AS menjaga keamanan dan stabilitas regional.

Para pejabat AS menolak memberikan detail mengenai latihan militer bersama yang bakal digelar. Namun, disebutkan bahwa USS Ronald Reagan akan berada di Busan selama beberapa hari. Para awak kapal itu mulai melakukan tes Covid-19 sebelum masuk ke kota itu.

Baca: AS & Korsel Unjuk Gigi kepada Korut, Gelar Latihan Militer Besar-besaran

Angkatan Laut Amerika Serikat, pada Selasa (7/7/2020) merilis foto armada laut AS di Pasifik. Di barisan depan dua kapal induk, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan.
Angkatan Laut Amerika Serikat, pada Selasa (7/7/2020) merilis foto armada laut AS di Pasifik. Di barisan depan dua kapal induk, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. (KEENAN DANIELS / US NAVY / AFP)

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Korea Selatan di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved