Mengenal Dolomani, Baju Adat Buton yang Dipakai Jokowi pada HUT Ke-77 RI

Presiden Joko Widodo memakai baju adat Buton, Sulawesi Tenggara, saat menjadi inspektur upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022), di Istana Me


zoom-inlihat foto
dok-Agus-Suparto.jpg
dok. Agus Suparto
Penampakan baju dolomani yang merupakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara yang dipakai Presiden Joko Widodo saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Upacara kembali digelar pada HUT Ke-77 RI yang jatuh pada Rabu, (17/8/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak memakai baju adat Buton, Sulawesi Tenggara, saat menjadi inspektur upacara.

Presiden asal Solo ini mengenakan baju adat Buton yang didominasi warna merah.

Dolomani adalah salah satu pakaian kebesaran Sultan Buton, Sulawesi Tenggara, saat menghadiri upacara-upacara resmi kesultanan, dilansir dari Tribun Sultra.

Dolomani sering digunakan oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhammad Ali.

Baca: Simak Syarat dan Cara Daftar Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

Baca: Upacara Bendera HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka Dibuka untuk Umum, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

Pakaian adat Dolomani terdiri atas beberapa bagian, yakni baju, celana panjang, sarung, dan kopiah yang didominasi warna merah dan putih.

Dolomani dihiasi dengan sulaman benang emas atau perak. Pinggiran dan kerah baju adat Kesultanan Buton tersebut dihiasi dengan sulaman bermotif bunga rongo.

Selain itu, sisi kanan dan kiri busana adat tersebut juga dilengkapi dengan sulamam randa yang berupa ornamen ake.

Sisi kanan dan kiri celana dolomani yang membentuk strip dari atas ke bawah dihiasi pula sulaman bermotif bunga rongo.

Pakaian adat Buton ini dilengkapi dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat).

Kopiah sepanjang pinggiran bawah dihiasi motif bakena uwa dan pada bagian atas kopiah dihiasi dengan bunga kambamanuru.

Bagian depan kopiah juga dihiasi kaligrafi dalam bahasa Arab berbunyi Maulana yang berarti 'pemimpin umat'.

Penampakan Baju Dolomani yang merupakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara yang dipakai Presiden Joko Widodo saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).
Penampakan Baju Dolomani yang merupakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara yang dipakai Presiden Joko Widodo saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). ((dok. Agus Suparto ))

Adapun beberapa motif yang disulam dengan benang emas atau perak menujukkan kebesaran dan keagungan yang dimiliki pemimpin akan berkilauan menerangi seantero negeri.

Sulur bunga menghiasi baju dan celana dolomani yang berupa bunga rongo menunjukkan tumbuhan menjalar dari tanah ke pepohonan yang tinggi lalu menjalar kembali ke bawah.

Hal ini bermakna bahwa seorang pemimpin yang menjejaki karir dari bawah ke atas suatu saat akan kembali ke bawah lagi karena jabatan adalah amanah dan pada suatu saat kekuasaan atas jabatan itu akan berakhir pula.

Sulaman randa yang bermotif ake pada pada sisi kanan dan kiri baju menggambarkan dua ekor burung yang satu memandang ke kiri dan satunya ke kanan.

Makna filosofis ini adalah seorang pemimpin senantiasa waspada terhadap bahaya yang mengancam negeri dari manapun datangnya.

Kopiah dolomani yang dihiasi ornamen bakena uwa adalah buah dari tumbuhan yang sangat indah untuk dipandang, namun ketika menyentuhnya akan memimbulkan sensasi gatal.

Hal ini menujukkan negeri yang indah nan elok yang hendak dikuasai musuh wajib kiranya seorang pemimpin bersama-sama rakyatnya harus melakukan perlawanan.

Pada bagian depan kopiah dolomani yang disulam dengan kaligrafi ‘Maulana’ menunjukan pemimpin itu adalah sebenar-benarnya pemimpin yang harus melekat sifat-sifat kepemimpinan yang mengutamakan kepentingan rakyat bukan kepentingan peribadi.

Baca: Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pakai Baju Adat Baduy, Maruf Amin Pakai Baju Adat Suku Mandar

Baca: 4 Baju Adat Bisa Jadi Referensi untuk Foto Prewedding Bergaya Tradisional







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved