Rekaman CCTV Ungkap Brigadir J Masih Hidup Sepulang dari Magelang, Lantas di Mana Ferdy Sambo?

Dari rekaman CCTV terungkap Brigadir J masih hidup seusai pulang dari Magelang, namun keberadaan Ferdy Sambo justru dipertanyakan.


zoom-inlihat foto
Kadiv-Propam-Mabes-Polri-Irjen-Ferdy-Sambo-dan-Almarhum-Brigadir-J.jpg
HO / Tribun Medan
Kadiv Propam Mabes Polri, Irjen Ferdy Sambo, dan almarhum Brigadir J


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Dari rekaman CCTV terungkap bahwa Brigadir J masih hidup seusai mengawal keluarga Irjen Ferdy Sambo dari Magelang.

Namun, keberadaan Irjen Ferdy Sambo masih dipertanyakan, terlebih saat insiden penembakan itu terjadi.

Misteri keberadaan Ferdy Sambo saat kejadian penembakan hingga meninggalnya Brigadir J hingga saat ini masih menjadi teka-teki.

Hal tersebut juga masih diselidiki oleh Komnas HAM.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengungkapkan pemeriksaan belum bisa mengetahui kepastian keberadaan Irjen Ferdy Sambo saat penembakan Brigadir J.

Kendati sesaat sebelum insiden penembakan ada rekaman kamera CCTV yang menunjukkan Irjen Ferdy Sambo, tetapi menurut Anam, tidak dijelaskannya secara rinci, dalam hal ini lokasi serta waktu.

Anam mengatakan keberadaan Sambo akan terjawab saat proses pemeriksaannya dan analisis data dari Tim Siber dan Puslafor Polri selesai dilakukan.

"(Pak Sambo) itu video yang lain. Nanti pertanyaan itu akan disampaikan pas pemeriksaan," kata Anam di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, dilansir Tribunnews.com, Rabu (27/7/2022).

Baca: Keluarga Sambo Sesalkan Pemakaman Brigadir J Digelar secara Kedinasan

Ada 20 rekaman CCTV

Rangkaian peristiwa terakhir Brigadir J yang meninggal pada 8 Juli 2022 lalu terekam dalam 20 rekaman CCTV yang berhasil dianalisis.

Dilansir oleh Kompas.com, Komnas HAM mengatakan mereka memeriksa dan menganalisis 20 rekaman kamera CCTV yang diambil dari 27 titik berbeda atas tewasnya Brigadir J.

Choirul Anam pun menegaskan bahwa dari analisis 20 rekaman CCTV tersebut terlihat Brigadir J masih hidup usai menempuh perjalanan dari Magelang menuju Jakarta.

Dalam perjalanan tersebut, Brigadir J dan Bharada E terlihat sedang menjalankan tugas mengawal keluarga Irjen Ferdy Sambo.

"Sampai di Duren Tiga dia (Brigadir J) masih hidup. Rombongan yang lain dan semuanya sehat, tidak kurang dari satu apa pun," ujar Anam dalam jumpa pers pada Rabu (27/7/2022) kemarin.

Baca: Ibunda Brigadir J Menangis Histeris saat Pembongkaran Makam: Ibu Putri, di Mana Kau Ibu

Anam mengatakan dalam video yang merekam situasi di area Durea Tiga pada 8 Juli 2022, terekam jelas rombongan yang datang dari Magelang secara terpisah.

Sejumlah orang yang belakangan disebut terlibat dalam insiden penembakan yang menyebabkan Brigadir J tewas.

Anam pun menyebut bagian ini menjadi bagian yang paling penting.

"Ada Irjen Sambo, ada rombongan dari Magelang. Irjen Sambo masuk duluan, setelah sekian waktu ada rombongan baru pulang dari Magelang. Di situ terlihat Bu Putri, ada almarhum Brigadir J," jelas dia.

"Saya bilangnya yang terlihat di salah satu video, ibu (istri Sambo), almarhum Brigadir J, Bharada E itu kelihatan dan beberapa penumpang yang lain," sambungnya.

Baca: INI yang Terjadi di Rumah Ferdy Sambo Selama 3 Hari Usai Insiden Baku Tembak Brigadir J & Bharada E

Bahkan, Anam menyebut bahwa Brigadir J melakukan tes PCR bersama dengan Bharada E dan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved