Bitcoin

Inilah penejelasan terkait Bitcoin, mata uang digital yang menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional.


zoom-inlihat foto
bitcoin-12.jpg
The Sun
Ilustrasi Bitcoin. (Tribunnews.com)

Inilah penejelasan terkait Bitcoin, mata uang digital yang menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bitcoin merupakan mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada Januari 2009.

Penemuan bitcoin ini adalah mengikuti gagasan yang ditetapkan dalam kertas putih oleh seseorang yang dipanggil dengan Satoshi Nakamoto, seperti dilansir dari situs Investopedia. (1)

Perlu diketahui Satoshi Nakamoto bukanlah nama asli, namun hanya nama samaran atau nama alias saja.

Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional.

Tidak seperti mata uang yang dikeluarkan bank sentral, bitcoin adalah dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi.

Pada mulanya, Satoshi Nakamoto menggambarkan perlunya sistem pembayaran elektronik berdasarkan bukti kriptografi, bukan kepercayaan.

Setiap transaksi Bitcoin yang pernah dilakukan ada di buku besar publik yang dapat diakses oleh semua orang, membuat transaksi sulit untuk dibalik dan sulit dipalsukan.

Itu dirancang dengan inti dari sifatnya yang terdesentralisasi. Bitcoin adalah tidak didukung oleh pemerintah atau lembaga penerbit mana pun, dan tidak ada yang menjamin nilainya selain bukti yang tertanam di jantung sistem.

“Alasan mengapa uang bernilai adalah karena kami, sebagai manusia, memutuskan bahwa ia memiliki nilai sama seperti emas,” kata Anton Mozgovoy, salah satu pendiri & CEO perusahaan layanan keuangan digital Holyheld. (2)

Baca: Demi Dapatkan Kartu Kredit untuk Beli Bitcoin, Pria Palsukan Slip Gaji: Berujung Dipenjara

Baca: NU Jawa Timur Keluarkan Fatwa Haram Bitcoin : Mengandung Spekulasi dan Rugikan Orang Lain

Bitcoin adalah jenis cryptocurrency lantaran memanfaatkan kriptografi untuk menjaganya tetap aman.

Perlu diingat, Bitcoin tidak ada secara fisik maupun Bitcoin fisik.

Bitcoin hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi).

Jadi bisa diartikan Bitcoin yakni mata uang digital yang dibuat dan disimpan secara digital.

Karena bentuknya digital, maka Bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi Negara.

Selain itu juga tidak ada otoritas yang mengatur yang mengendalikannya.

Bitcoin sangat populer meskipun tidak menjadi alat pembayaran yang sah di sebagian besar dunia.

Bahkan Bitcoin telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya, yang secara kolektif disebut sebagai altcoin.

Sebagai informasi Bitcoin biasa disingkat BTC saat diperdagangkan.

Namun demikian, ada beberapa layanan yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, salah satunya PayPal.

Bitcoin bahkan juga bisa digunakan untuk membeli mobil buatan Tesla Inc.

Bitcoin adalah aset berharga karena orang-orang bersedia menukarnya dengan barang atau jasa nyata, dan bahkan rela menukarnya dengan uang tunai.

Nilai Bitcoin telah meningkat secara dramatis sejak diluncurkan ke publik pada tahun 2009.

Ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin (Tribunnews)

Meskipun pernah dijual dengan harga di bawah 150 dollar AS per koin, pada 8 Juni 2022, harga 1 Bitcoin adalah sekitar 3.200 dollar AS.

Karena persediaannya terbatas pada 21 juta koin, banyak yang memperkirakan harga Bitcoin akan terus naik seiring berjalannya waktu.

Terutama karena semakin banyak investor institusi besar mulai memperlakukannya sebagai semacam emas digital untuk melindungi nilai dari volatilitas pasar dan inflasi.

Perdagangan crypto di  In donesia sendiri disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Ini termasuk Bitcoin di dalamnya.

Berdasarkan Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018, Bitcoin dan aset kripto lain dapat digunakan sebagai alat investasi untuk dimasukan sebagai komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

 

  • Keunikan #


Keuntungan paling unik Bitcoin berasal dari fakta Bitcoin adalah mata uang kripto pertama yang muncul di pasar.

Bitcoin yaitu mata uang kripto yang berhasil menciptakan komunitas global.

Bahkan Bitcoin melahirkan industri baru dari jutaan penggemar.

Lantas mereka lalu membuat, berinvestasi, memperdagangkan, serta menggunakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kemunculan mata uang kripto pertama ini telah menciptakan dasar konseptual dan teknologi yang lantas menginspirasi pengembangan ribuan proyek yang bersaing.

Berkat sifat kepeloporannya, Bitcoin tetap memuncaki pasar yang aktif ini bahkan setelah lebih dari satu dekade eksistensinya.

  • Nilai Kapitalisasi dan Harga #


Saat ini, bitcoin adalah mata uang kripto dengan kapitalisasi atau valuasi pasar terbesar di dunia. Per Desember 2021, total valuasi pasar bitcoin adalah mencapai 913,1 miliar dolar dollar AS atau sekitar Rp 13.103 triliun (kurs Rp 14.350).

Sementara, berdasarkan penelusuran Kompas.com dari laman coinmarketcap.com, Kamis (9/12/2021), satu 'keping' bitcoin setara dengan Rp Rp 713.747.456. Padahal bulan lalu, harga satu bitcoin nyaris mencapai Rp 1 miliar, atau tepatnya Rp 968.937.473,32.

Bitcoin semakin populer, terutama setelah miliarder pemilik Tesla Inc, Elon Musk, melalui akun Twitter-nya, menyatakan dukungannya terhadap mata uang baru tersebut.

Musk mengatakan, pihaknya sedikit terlambat menyadari potensi bitcoin, dan menyebut bahwa seharusnya dia sudah membeli mata uang itu delapan tahun sebelumnya.

  • Cara Kerja #


Pada dasarnya setiap 'keping' Bitcoin adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi 'dompet digital' di smartphone atau komputer.

Para pemilik Bitcoin bertransaksi dengan cara mengirimkan (satu atau sebagian) uang digital tersebut melalui dompet digital. Lalu, setiap transaksi Bitcoin dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.

Hal ini memungkinkan pelacakan riwayat Bitcoin, sehingga mencegah seseorang membelanjakan koin yang tidak mereka miliki, membuat salinan (copy) Bitcoin, atau membatalkan transaksi.

Ada tiga cara utama, yang bisa dilakukan seseorang untuk mendapatkan Bitcoin (cara mendapatkan Bitcoin), yaitu:

1. Membeli Bitcoin menggunakan uang 'nyata'

2. Menjual barang dan menerima pembayaran dengan Bitcoin

3. Menambang Bitcoin dengan menggunakan komputer.

  • Menambang bitcoin #


Istilah 'menambang' erat kaitannya dengan cara seseorang mendapatkan bitcoin. Pada dasarnya, kegiatan ini hanyalah gambaran sederhana dari proses komputer untuk mendapatkan bitcoin, yang diibaratkan seperti menambang emas.

Agar sistem bitcoin berfungsi, orang-orang dapat memerintahkan komputer mereka untuk memproses transaksi bagi semua orang. Komputer diatur sedemikian rupa, agar dapat melakukan proses perhitungan yang sangat rumit. Dari situ, pemilik komputer mendapat imbalan berupa bitcoin.

Karena proses perhitungan tersebut sangat rumit, maka dibutuhkan komputer yang kuat untuk mendapatkan bitcoin. Hal inilah yang kemudian disebut sebagai 'menambang'.

Akan tetapi, sistem bitcoin adalah telah diatur sedemikian rupa. Sehingga proses perhitungan yang diperlukan untuk mendapatkan bitcoin menjadi semakin sulit seiring berjalannya waktu.
Hal ini dilakukan untuk mencegah terlalu banyak bitcoin yang dihasilkan, dan akhirnya beredar.

Jika seseorang mulai menambang sekarang, mungkin butuh bertahun-tahun sebelum akhirnya mendapatkan satu keping bitcoin. Di sisi lain, dibutuhkan banyak uang untuk membayar listrik dan merakit komputer yang cukup kuat agar bisa digunakan untuk menambang bitcoin.

Demikian informasi tentang apa itu bitcoin, harga dan cara kerjanya. Bisa dikatakan bitcoin adalah jenis mata uang kripto pertama dengan nilai kapitalisasi paling besar di dunia.



Nama Bitcoin
Penemu Satoshi Nakamoto
   




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved