Bocoran Kriteria Capres PDI-P dari Puan: Ikut Berjuang dan Berdarah-darah Bangun Partai

Puan mengatakan, PDI-P bakal mengusung calon yang bekerja keras dalam membangun partai.


zoom-inlihat foto
Ketua-DPP-PDI-P-yang-juga-Ketua-DPR-RI-Puan-Maharani.jpg
KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEY
Ketua DPP PDI-P yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani usai rapat koordinasi dengan kader PDI-P Sulut, di Luwansa Hotel, Manado, Rabu (9/2/2022) pukul 14.40 Wita. Tampak Puan diajak berfoto oleh kader PDI-P saat akan meninggalkan ruang rapat konsolidasi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengungkap kriteria calon presiden yang bakal dibawa partainya dalam Pemilu 2024.

Puan mengatakan, PDI-P bakal mengusung calon yang bekerja keras dalam membangun partai.

"Harusnya orang tersebut adalah orang yang memang betul-betul paling tidak pernah ikut berjuang, pernah memperhatikan partai, dan ikut berdarah-darah dalam membangun PDI-P selama ini," kata Puan saat memberikan arahan kepada para kader di Kantor DPC PDI-P Surabaya, Selasa (1/3/2022), dikutip dari Kompas TV, Kamis (3/3/2022).

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sosok pemimpin adalah orang yang bekerja di lapangan bukan hanya di media sosial.
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sosok pemimpin adalah orang yang bekerja di lapangan bukan hanya di media sosial. (tangkapan layar)

Kemudian, capres yang akan diusung partainya adalah sosok yang terbiasa turun dan bertemu dengan rakyat, termasuk keluarga besar PDI-P.

Sosok tersebut harus menjadi bagian dari keluarga besar PDI-P dan kerap hadir dalam acara partai.

"Mau nggak yang bersangkutan menyatakan sebagai keluarga besar PDI Perjuangan? Pernah nggak orang itu ada di setiap acara partai?," ujar Puan melansir surabaya.tribunnews.com.

Baca: Puan Maharani Nakshatra Kusyala

Baca: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Kriteria lain adalah kader yang memegang teguh cita-cita Soekarno, dan harus berpegang pada ideologi memperjuangkan rakyat.

"Dia pecinta Bung Karno atau bukan? Apakah dia yang akan meneruskan cita-cita Bung Karno? Indonesia ke depan, kalau kita diberikan kemenangan yang ketiga, tentunya merupakan orang yang harus bisa meneruskan cita-cita Bung Karno," kata Ketua DPR RI itu.

Meski tak menyebut figur tersebut, Puan mengatakan sepak terjang para kader sudah terekam melalui berbagai media.

Puan sendiri mengaku dirinya selama ini selalu menempatkan diri sebagai kader terbaik partai.

"Saya tetap menempatkan diri saya itu bahwa kader terbaik PDI Perjuangan," ujarnya.

Puan mengatakan, Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, sudah sering mendapat pertanyaan soal kader yang akan diusung sebagai capres.

Namun, masih menjadi rahasia.

"Saya juga petugas partai. Walaupun saya anaknya. Ada yang bisik-bisik ke Ibu Mega, Kira-kira siapa? Ada. Tapi itu rahasia," kata putri Megawati ini.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)

SIMAK ARTIKEL SEPUTAR PILPRES 2024 DI SINI







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved