'Drama' Tiket Capres dari PDI-P, Rivalitas Ganjar dengan Puan, Sindiran hingga Anggapan Sok Pintar

Meski demikian, jalan Ganjar tak akan mulus, sebab ia disinyalir bakal bersaing dengan sesama kader PDI-P, Puan Maharani.


zoom-inlihat foto
TribunnewsIrwan-RismawanTribunnewsIrwan-Rismawan.jpg
Tribunnews/Irwan Rismawan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di kantor Tribun Network, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo digadang sebagai calon kuat dalam bursa Pilpres 2024.

Sosok Ganjar selalu menduduki tiga besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi di berbagai survei.

Meski demikian, jalan Ganjar tak akan mulus, sebab ia disinyalir bakal bersaing dengan sesama kader PDI-P, Puan Maharani.

Rivalitas keduanya kerap muncul ke permukaan.

Dalam sejumlah kesempatan, Puan bahkan seolah memberikan sindiran ke Ganjar.

Yang terbaru, Puan mengaku kesal karena ada gubernur yang tidak menyambut saat dia turun ke daerah.

Dirinya heran kenapa ada gubernur yang tak menyambutnya, padahal ia seorang ketua DPR.

"Begitu saya datang, enggak mau menyambut gitu loh. Saya jadi bingung. Kayak enggak semangat gitu. Padahal harusnya jadi kebanggaan loh, ada kebanggaan, saya juga bangga kok datang sebagai Ketua DPR ke mana-mana," kata Puan saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi tiga pilar PDI-P di Manado, Rabu (9/2/2022),

Ketua DPP PDI-P yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani usai rapat koordinasi dengan kader PDI-P Sulut, di Luwansa Hotel, Manado, Rabu (9/2/2022) pukul 14.40 Wita. Tampak Puan diajak berfoto oleh kader PDI-P saat akan meninggalkan ruang rapat konsolidasi
Ketua DPP PDI-P yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani usai rapat koordinasi dengan kader PDI-P Sulut, di Luwansa Hotel, Manado, Rabu (9/2/2022) pukul 14.40 Wita. Tampak Puan diajak berfoto oleh kader PDI-P saat akan meninggalkan ruang rapat konsolidasi (KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEY)

Puan memang tidak menyebut nama gubernur yang dimaksud.

Dirinya kemudian membandingkan sikap gubernur itu dengan sikap kader-kader PDI-P di Sulawesi Utara yang menyambutnya.

"Kenapa saya datang ke Sulawesi Utara itu tiga pilar bisa jalan, jemput saya, ngurusin saya, secara positif ya. Kenapa saya punya gubernur kok nggak bisa kaya begitu, justru yang ngurusin saya gubernur lain," lanjutnya.

Baca: Puan Maharani Nakshatra Kusyala

Baca: Ganjar Pranowo

Terkait hal tersebut, mantan Wali Kota Solo sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa sosok gubernur yang disindir oleh Puan adalah Ganjar Pranowo.

Sebab, apabila pernyataan putri Megawati Soekarnoputri itu ditujukan untuk daerah pemilihan, maka gubernur yang dimaksud adalah Ganjar.

Puan sendiri adalah Ketua DPR RI dari Fraksi PDI-P Daerah Pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah.

"Kalau daerahnya (pemilihan) Mbak Puan Dapil V, ya Gubernur Pak Ganjar, apa Khofifah ya tidak mungkinlah," kata Rudy dihubungi wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/2/2022).

Sementara, Ganjar menyatakan, akan jadi orang terdepan untuk menyambut Puan jika nanti Ketua DPP PDI-P itu berkunjung ke Jateng.

"Siap, nanti kalau (Puan Maharani) ke Jawa Tengah, saya sambut paling depan," kata Ganjar yang lantas tertawa, Minggu (13/2/2022), seperti ditayangkan Kompas TV.

Pada Mei 2021, Ganjar tak diundang dalam rangkaian acara HUT PDI-P di Semarang yang dihadiri oleh Puan.

Dalam acara tersebut, Puan juga menyinggung sosok pemimpin yang hanya tampil di media sosial yang ia nilai tidak layak menjadi capres.

Mengenai hal tersebut, Ketua DPD PDI-P Jawa Tengah Bambang Wuryanto bahkan terang-terangan mengatakan bahwa tidak diundangnya Ganjar di acara PDI-P adalah karena dia berambisi maju di Pilpres 2024.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved