PT KAI Luncurkan KA Airlangga Rute Jakarta-Surabaya Ekonomi, Simak Harga Tiket dan Jadwalnya

KA Airlangga menjadi solusi untuk calon penumpang yang kerap mencari informasi seputar tiket kereta Jakarta-Surabaya kelas ekonomi.


zoom-inlihat foto
kereta-api-indonesia.jpg
ISTIMEWA via TribunKaltim
Ilustrasi kereta Api Indonesia


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Harga tiket kereta api Jakarta-Surabaya 2021 kini lebih terjangau dengan armada KA Airlangga yang  diluncurkan mulai Jumat (1/10/2021).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta api baru KA Airlangga rute Jakarta-Surabaya dengan relasi Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi PP.

Peluncuran KA Airlangga diresmikan oleh Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan.

KA Airlangga menjadi jawaban untuk calon penumpang yang kerap mencari informasi seputar tiket kereta Jakarta-Surabaya kelas ekonomi.

Sebab, rute kereta api Jakarta-Surabaya yang dilewati KA Airlangga hampir sama dengan kereta lainnya.

Yakni melalui sejumlah stasiun yang tersebar di jalur Jakarta hingga Surabaya maupun sebaliknya.

Tarif KA Airlangga 2021

KA Airlangga merupakan salah satu kereta api yang beroperasi dengan tarif bersubsidi karena mendapatkan Public Service Obligation (PSO) dari pemerintah.

“Kami bangga ditugaskan oleh Bapak Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api untuk menyelenggarakan pengoperasian KA PSO yaitu KA Airlangga sebagai bentuk peran strategis pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapiaan,” ujar Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto dalam keterangan resminya, Jumat (1/10/2021), dikutip dari Kompas.com.

Keberadaan KA Airlangga menjadi suatu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang murah, andal, aman, dan nyaman.

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan kereta api PSO, hari ini telah dioperasikan KA Airlangga yang melayani Pasar Senen menuju Surabaya Pasar Turi. KA Airlangga hadir untuk menjadi alternatif kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan.

Ilustrasi Kereta Api Indonesia
Ilustrasi Kereta Api Indonesia (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Tarif KA Airlangga yakni Rp 49.000 untuk jarak tempuh 0-290 Km dan Rp 104.000 untuk jarak tempuh lebih dari 290 Km.

Tarif tersebut sudah termasuk subsidi yang diberikan pemerintah melalui PSO yang diselenggarakan melalui kereta tersebut.

Tiket kereta Jakarta-Surabaya ekonomi KA Airlangga bisa didapatkan lewat aplikasi KAI Access, website KAI, loket, dan seluruh lini penjualan lainnya.

KA Airlangga terdiri dari rangkaian 8 kereta ekonomi dengan total 848 tempat duduk.

Namun, kapasitas kereta api selama masa pandemi Covid-19 hanya untuk maksimal 70 persen dari total tempat duduk.

Terkait jadwal kereta api Jakarta-Surabaya 2021, ada perbedaan antara jadwal rute kereta api Jakarta-Surabaya dengan rute kereta api Surabaya-Jakarta.

Baca: Kereta Api Prameks (Prambanan Ekspres)

Baca: PT Kereta Api Pariwisata

KA Airlangga dijadwalkan berangkat dari Stasiun Pasar Senen adalah pukul 11.30 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 23.00 WIB.

Sementara, jadwal keberangkatan KA Airlangga dari Stasiun Pasar Turi adalah pukul 12.25 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 00.10 WIB.

Jadwal KA Airlangga Jakarta-Surabaya





Halaman
123






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved