Mengenal Sosok Azis Syamsuddin, Ketua DPR Tersangka Kasus Suap eks Penyidik KPK Rp 3,1 Miliar

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin secara resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.


zoom-inlihat foto
Ketua-KPK-Firli-Bahuri-terkait-penahanan-Wakil-Ketua-DPR-RI-Azis-Syamsuddin.jpg
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ketua KPK, Firli Bahuri memberikan keterangan terkait penahanan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin secara resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.

Dikutip dari Kompas.com, Azis menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi hadiah terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Ia diduga menyuap mantan penyidik KPK Stepanus Robin dalam pengurusan perkara di Lampung Tengah.

Kasus tersebut akhirnya menyeret namanya dan kader Partai Golkar lainnya, yaitu Aliza Gunado, yang tengah diselidiki KPK.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Azis Syamsuddin?

Dari informasi di laman resmi DPR RI, Azis Syamsuddin menjalani karier di parlemen sebagai politikus Partai Golkar sejak 2004 silam.

Sosok kelahiran Surakarta, 31 Juli 1970 itu kini menjabat sebagai salah satu Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024.

Azis adalah anggota Komisi III DPR RI, membawahi bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsudin
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsudin (TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda)

Setelah menjalani studi di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, ia bekerja sebagai pengacara dan tergabung dalam kantor Pengacara Gani Djemat dan Partner sejak 1994 hingga 2004.

Pada 2004, Azis mulai terjun di dunia politik, mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Lampung II.

Latar belakangnya di bidang hukum membuatnya menjadi wakil ketua DPR pada periode pertamanya pada 2004-2009.

Kemudian, Azis juga pernah menjabat sebagai anggota di sejumlah organisasi, hingga menjadi Ketua Umum KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) yang dijabatnya sejak 2008 hingga 2011.

Baca: Azis Syamsuddin Ditangkap, Fahri Hamzah Doakan Sahabat Lama: Semoga Kuat

Baca: Simpang Siur Sederet Nama Pengganti Azis Syamsuddin, Mulai dari Adies Kadir Hingga Nurul Arifin

Sementara itu, Azis diduga menyuap penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju yang sudah dipecat KPK setelah berstatus tersangka suap penanganan perkara.

Uang yang diberikan kepada Stepanus Robin diduga untuk mengurus perkara di Lampung Tengah yang menyeret namanya dan Aliza Gunado.

“Pada sekitar Agustus 2020, AZ menghubungi SRP (Stepanus Robin) dan meminta tolong mengurus kasus yang melibatkan AZ dan AG (Aliza Gunado) yang sedang dilakukan penyelidikannya oleh KPK,” ungkap Ketua KPK Firli Bahuri, Sabtu.

Selanjutnya, Stepanus Robin menghubungi Maskur Husain yang merupakan seorang pengacara untuk ikut mengawal dan mengurus perkara tersebut.

Selanjytnya, Maskur meminta Azis dan Aliza menyiapkan uang masing-masing sejumlah Rp 2 miliar.

Permuntaan tersebut disetujui oleh Azis.

“Setelah itu, MH (Maskur Husain) diduga meminta uang muka terlebih dahulu sejumlah Rp 300 juta kepada AZ,” kata Firli.

Azis kemudian mentransfer uang panjar suap itu ke rekening bank milik Maskur.





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved